Sukses

Siklus Haid Memendek

22 Sep 2020, 20:10 WIB
Wanita, 24 tahun.

Tanggal 5 september saya haid. Kemarin saya sakit perut bagian kanan bawah sampai tidak bisa berjalan. Sakitnya seperti mau haid dan hari ini saya haid lagi. Apa itu normal dok? Kalau dihitung belum sampai 14 hari saya sudah haid lagi

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Perlu diketahui, bahwa siklus haid normal itu sekitar 21-35 hari dengan durasi selama 3-7 hari dan jumlah darah yang keluar 25-80ml/hari. Keadaan Anda saat ini disebut juga dengan polimenorea. Polimenorea adalah suatu gangguan pada siklus menstruasi wanita, dimana siklus menstruasi kurang dari 21 hari. Polimenorea dapat terjadi akibat adanya gangguan pada keseimbangan hormonal.

Ketidak seimbangan hormon tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada proses ovulasi (pelepasan sel telur) atau memendeknya waktu yang dibutuhkan untuk berlangsungnya suatu siklus menstruasi normal sehingga didapatkan menstruasi yang lebih sering.

Pada umumnya, polimenorea bersifat sementara dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, jika terjadi terus-menerus, saya menyarankan Anda untuk memeriksakannya ke dokter kandungan agar dapat dievaluasi dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar