Sukses

Gatal di Sekitar Paha dan Tangan

22 Sep 2020, 19:27 WIB
Wanita, 14 tahun.

Dokk saya gatal gatal di bagian paha , lipatan paha kanan dan kiri , sekujur tangan kanan dan kiri, apakah itu karena lembab dan jarang di bersihkan secara kering jd jamur? .Saya sudah menggunakan kaladin dan salep pagoda tapi itu hanya sebentar saja menghilangkan gatalnya kira kira itu kenapa ya dok. Saya ingin periksa ke klinik tp belum sempat.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Gatal di sekitar paha dan tangan bisa disebabkan berbagai hal, seperti alergi, infeksi jamur, dan penyakit kulit lainnya. 

Apakah rasa gatal meningkat ketika kulit lembap? Apakah kulit sekitar daerah yang gatal terlihat terkelupas? Apakah kulit yang gatal berwarna kemerahan atau gelap dan berbatas tegas? 

Jika jawaban Anda "ya", maka kemungkinan memang penyebab gatalnya adalah karena infeksi jamur.  Namun untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan secara langsung. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter umum terlebih dahulu atau dokter spesialis kulit untuk diperiksa dan dipastikan penyebabnya. Apabila karena jamur, maka diperlukan pemberian obat anti jamur berupa krim (untuk lesi luas) dan mungkin membutuhkan obat minum. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar