Sukses

Gatal Setelah Minum Obat TBC

21 Sep 2020, 08:59 WIB
Wanita, 16 tahun.

dok, saya sedang mengonsumsi obat TBC selam 2 hari, saya mengalami gejala gatal-gatal. apakah gatal - gatal tersebut bisa membekas dan menjadi strechmark di kulit saya ? kalau iya apakah ada obat nya ?

Terima kasih telah bertanya seputar gatal akibat obat TBC melalui Tanya Dokter.

Gejala gatal yang Anda alami memang dapat merupakan reaksi simpang terhadap obat-obat TB yang Anda minum. Terdapat beberapa gambaran klinis yang berbeda dan penanganan yang berbeda. Apakah terdapat lesi kemerahan yang menimbul selain rasa gatal? Apakah terdapat demam? Jika ya, maka sebaiknya Anda segera kembali ke dokter yang menangani Anda untuk dilakukan proses challenge obat. Setelah gejala hilang, obat-obat tersebut dapat dicoba diberikan kembali dimulai dengan dosis yang kecil di bawah pengawasan dokter. Bila terdapat gejala flushing dan gatal dengan atau tanpa lesi (biasanya) di wajah yang tidak berat, gejala dapat hilang sendiri. Obat antihistamin/anti alergi dapat diberikan bila flushing dirasa mengganggu. 

Sebenarnya sulit bagi kami untuk menentukan apakah gatal terebut akibat alergi obat/tidak tanpa melakukan pemeriksaan fisik dengan melihat lesi kulit yang ada. Karena itu kami menyarankan Anda untuk sesegera mungkin kembali ke dokter yang menangani Anda untuk memastikan apakah benar keluhan yang Anda alami merupakan reaksi simpang obat dan bila ya jenis obat yang mana yang menyebabkan alergi.

Demikian yang dapat kami sampaikan seputar gatal akibat obat TBC, semoga bermanfaat

 

0 Komentar

Belum ada komentar