Sukses

Payudara Pria Membesar dan Nyeri

17 Sep 2020, 16:21 WIB
Pria, 17 tahun.

Kenapa payudara laki" membenjol dok dan rasanya sakit jika disentuh

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sejak kapan Anda merasakannya? Ada benjolan atau ukurannya membesar? 

Jika Anda pembesaran pada ukuran payudara pria disebut juga dengan ginekomastia. Pembesaran payudara tersebut dapat bervariasi dari segi ukuran, dapat terjadi pada seluruh payudara ataupun hanya lokal pada bagian tertentu. Ginekomastia dapat disebabkan oleh beberapa hal:

1. Proses normal seperti yang terjadi pada anak baru lahir, masa pubertas, penuaan, atau obese (kelebihan berat badan). Ginekomastia yang terjadi pada anak yang baru lahir, masa pubertas serta pada obesitas bersifat sementara dan dapat hilang dengan sendirinya seiring dengan waktu dan bertambah stabilnya kadar hormone dalam tubuh mereka.

2. Proses tidak normal seperti masalah gangguan hormon, gangguan hati, gangguan ginjal, atau penggunaan obat-obatan seperti steroid, spironolakton, ataupun alcohol, kanker payudara, sindrom Klinefelter, benjolan atau infeksi pada testis. Ketidakseimbangan hormon pada ginecomastia terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara hormon testosteron dan estrogen yang meningkat. Ginekomastia yang disebabkan oleh faktor genetik adalah sindrom klinefelter, namun tidak semua ginekomastia dipengaruhi oleh factor genetik.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar