Sukses

Sering Merasa Nyeri Dada

17 Sep 2020, 16:03 WIB
Wanita, 15 tahun.

Halo Dok saya mau tanya,saya sering kyk ngerasa dada saya sakit kyk nyeletit gitu dok,terus kadang kalo kaget atau khawatir suka detak nya tuh jadi cepet gitu gabisa ke kontrol,itu kenapa ya dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sebelumnya izinkan saya bertanya, di dada sebelah mana tepatnya Anda sering merasakan sakit? Kiri atau kanan? Apakah nyerinya menjalar ke lengan, leher, punggung, atau dagu? Apakah ada sesak? Apakah Anda memiliki riwayat penyakit jantung? Apakah Anda memiliki riwayat maag?

Nyeri dada bisa disebabkan oleh banyak sebab, seperti gangguan otot, saraf, pembuluh darah, ataupun organ sekitar dada. Umumnya, umur seperti Anda yang masih muda jarang mengalami nyeri dada akibat penyakit jantung, kecuali jika memang sudah ada penyakit jantung bawaan dari lahir.

Perlu diketahui, rasa nyeri atau tidak enak di dada juga bisa dipicu oleh gangguan pada lambung. Jika asam lambung meningkat lalu naik sampai ke kerongkongan, dapat menimbulkan rasa nyeri, sesak, dan tidak nyaman di dada. Oleh karena itu, perlu dievaluasi lagi apakah Anda memang memiliki maag atau tidak.

Untuk mengetahui secara pasti penyebab keluhan Anda, sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter untuk dilakukan evaluasi dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar