Sukses

Berat Badan Penderita HIV

17 Sep 2020, 15:33 WIB
Pria, 20 tahun.

dok apakah penderita HIV bisa naik berat badanya? dan brp lama jangka waktu mutasi virus HIV menjadi Aids

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

HIV merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus HIV menyerang sistem kekebalan tubuh yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit. 

Karena yang diserang adalah sistem imunitas, maka penderita HIV sangat gampang terkena penyakit infeksi apapun. Pada beberapa tahun pertama, virus HIV ini mungkin tidak akan menimbulkan gejala apapun pada tubuh. Karena HIV/AIDS tidak selalu menunjukan gejala maka Untuk mengetahui apakah seseorang telah terinfeksi HIV, dapat dilakukan beberapa pemeriksaan laboratorium.

Penderita HIV juga biasanya mengalami penurunan berat badan akibat dari penyakit Infeksi oportunistik (infeksi yang disebabkan oleh organisme yang biasanya tidak menyebabkan penyakit pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang normal, tetapi dapat menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk). Tapi, masih bisa dinaikkan kembali menjadi berat badan ideal selama mengatasi infeksi oportunistik tersebut dan teratur mengonsumsi obat HIV nya.

Tapi, jika HIV yang diderita sudah berlanjut menjadi AIDS, maka kenaikan berat badan akan cukup sulit. Jika penderita HIV tidak mendapatkan pengobatan, maka HIV dapat menjadi AIDS dalam waktu 10 hingga 15 tahun.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar