Sukses

Demam saat Malam Hari

17 Sep 2020, 15:28 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat malam dok izin bertanya. Suhu badan bapak setiap abis zuhur sampai malam mencapai 39, tapi jika pagi hari suhunya normal dok. Perut bapak juga terasa tertusuk-tusuk dan tiap makan terasa mual. Sakit kepala juga tetapi tidak batuk dan flu. Dengan ciri-ciri seperti itu bapak sakit apa ya dok dan obatnya apa? Terimakasih dokter

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Berdasarkan keluhan yang dirasakan ayah Anda, kemungkinan beliau terkena demam tifoid atau tifus. Demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri Salmonella typhii yang ditularkan lewat makanan.

Gejalanya bisa berupa demam, sakit kepala, nyeri sendi, sakit tenggorokan, sembelit, penurunan nafsu makan dan nyeri perut. Kadang penderita merasakan nyeri ketika berkemih dan terjadi batuk serta perdarahan dari hidung. Gejala penyakit demam tifoid dapat berlangsung antara 10-14 hari. 

Berikut ini panduan makanan bagi penderita demam tifoid:

  • Hindari makanan berserat tinggi dan sedang, susu, produk susu, dan daging berserat kasar, makanan yang terlalu berlemak, terlalu manis, terlalu asam, dan berbumbu tajam
  • Makanan lebih baik dimasak hingga lunak dan dihidangkan pada suhu yang tidak terlalu panas atau dingin agar tidak merangsang pencenaan
  • Makanan lebih baik diberikan sering namun dalam porsi kecil
  • Bila diberikan untuk jangka waktu lama atau dalam keadaan khusus, perlu disertai suplemen vitamin dan mineral, atau makanan formula.

Untuk memastikan penyebab keluhan ayah Anda, dibutuhkan pemeriksaan fisik langsung dan juga pemeriksaan darah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksakannya langsung ke dokter untuk dievaluasi dan mendapatkan penanganan yang sesuai.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar