Sukses

Menambah Berat Badan pada Penderita Diabetes

15 Sep 2020, 18:07 WIB
Pria, 42 tahun.

dok saya penderita diabetes tipe 2 pertanyaan saya bagaimana cara menaikan berat badan yang ideal yang aman

Terima kasih telah bertanya tentang menambah berat badan pada penderita diabetes

Berat badan menurun yang dialami penderita diabetes merupakan akibat gangguan pada pankreas karena penyakit Diabetes yang dialami.

Fungsi pankreas adalah memproduksi insulin untuk memproses asupan glukosa sebagai sumber energi. Pada orang yang menderita diabetes, tubuhnya gagal mengelola gula menjadi energi akibat terjadinya resistensi insulin.

Karena tubuh butuh energi, ia mencari alternatif dengan cara memecah lemak untuk menjadi energi. Kalau tidak cukup, protein atau otot yang dipecah sehingga lama-lama berat badan menyusut.

Berat badan akan meningkat secara otomatis jika gula darah Anda terkendali. Olehkarena itu lakukanlah pola gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan diabetes (3 J; Jumlah, jenis dan Jadwal) ditambah berolahraga serta mengkonsumsi obat antidiabetes secara teratur. Dan lakukan pemantauan kadar gula darah secara berkala.

Pola makan yang baik untuk penderita Diabetes Mellitus (DM) adalah makan yang sering dalam porsi seimbang. Komposisinya adalah 3 kali makan besar (pagi, siang, dan malam) dan diselingi makanan kecil diantara waktu makan besar. Makan besar meliputi sepiring nasi (atau pengganti karbohidrat lain) dalam porsi sedikit, lauk yang rendah lemak dan tinggi protein (seperti ikan), sayuran, serta buah-buahan. Intake makanan harus dijaga sebanyak 1,000 - 1,200 kcal/sehari. Makanan difokuskan dengan perbanyak sayur, buah, kurangi kabohidrat (nasi diganti dengan kentang atau nasi merah), lemak dikurangi. Ada suatu tabel bernama "Glycemic Index" yang anda dapat lihat sebagai pedoman anda dalam mengkonsumsi makanan.

Diantara makan besar perlu diselingi dengan makanan-makanan tambahan yang ringan seperti selembar roti gandum, biskuit gandum atau biskuit yang rendah kalori, dapat juga mengonsumsi buah-buahan. Usahakan mengurangi konsumsi karbohidrat dan lemak, serta perbanyak konsumsi serat.

Untuk penggunaan gula (atau pemanis lainnya) dapat diganti dengan gula yang rendah kalori atau gula untuk penderita diabetes mellitus seperti yang sudah banyak beredar di pasaran. Begitu juga bila mengonsumsi susu ataupun sirup, sebaiknya pilih yang rendah kalori.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar