Sukses

Seputar Hidrops Fetalis

15 Sep 2020, 18:07 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok kemarin saya hamil dan janin hanya berkembang diusia 4bulan dan diagnosis ada kelainan hydrop fetalis Penyebab dri hydrop fetalis itu apa?

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui Klikdokter.com 

Hidrops fetalis adalah kondisi di mana terdapat penumpukan cairan di tubuh janin yang menyebabkan tubuh janin membengkak. Pada hidrops fetalis, pembengkakan terjadi pada dua atau lebih bagian tubuh janin, misalnya di kulit, rongga perut, selaput paru atau selaput jantung.

Secara sederhana, penyebab hidrops fetalis pada janin adalah adanya ketidakseimbangan antara produksi cairan di ruang jaringan antar sel dengan pembuangannya. Hal ini menyebabkan adanya penumpukan cairan yang tidak normal di ruang-ruang tubuh tertentu.

Penanganan hidrops fetalisMeski kerap kali hidrops fetalis dapat dideteksi sejak masih dalam kandungan melalui pemeriksaan USG, penanganannya masih menjadi tantangan bagi dunia medis, terlebih dengan angka kematian yang terbilang tinggi dan opsi pengobatan yang terbatas. 

Salah satu penyebab terjadinya hidrops fetalis adalah infeksi TORCH (toksoplasma, rubella, cytomegalovirus, dan herpes) yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kehamilan. Infeksi ini dapat dicegah dengan vaksinasi. Karena itu, jika Anda sedang merencanakan kehamilan, pastikan untuk melakukan pemeriksaan dan vaksinasi sesuai dengan anjuran dokter. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat 

0 Komentar

Belum ada komentar