Sukses

Stenosis Pilorus Anak

15 Sep 2020, 18:50 WIB
Wanita, 40 tahun.

Selamat malam Dok, Anak saya usia 2 bulan lebih. menglami stenosis pilorus , apakah di usia 2 bulan bisa operasih stenosis pilorus ??

Terima kasih telah bertanya seputar stenosis pilorus melalui fitur Tanya Dokter.

Dokter dapat menduga adanya stenosis pilorus dari gejala bayi. Pada pemeriksaan fisik, dokter mungkin dapat meraba benjolan berbentuk buah zaitun pada perut bayi yang adalah membesarnya otot pilorus.

Dokter juga mungkin dapat mengamati adanya gelombang peristaltik pada perut bayi. Pemeriksaan darah dilakukan untuk mendeteksi adanya dehidrasi atau ketidakseimbangan elektrolit. Pemeriksaan penunjang seperti USG dan sinar X juga dapat dilakukan untuk mengkonfirmasi adanya stenosis pilorus.

Pengobatan stenosis pilorus hanya dapat dilakukan dengan pembedahan. Prosedur pembedahan stenosis pilorus disebut dengan piloromiotomi. Piloromiotomi ini tergolong prosedur pembedahan yang minimal invasif.

Prosedur pembedahan dapat dilakukan dengan laparoskopi, yaitu dengan memasukkan pipa melalui pusar bayi. Dokter bedah akan memotong lapisan luar otot pilorus, sehingga lapisan dalam menonjol keluar dan membuka saluran makanan. Dengan demikian makanan dapat lewat ke usus halus.

Pembedahan biasanya dilakukan segera setelah diagnosis ditetapkan. Jika bayi mengalami dehidrasi atau ada ketidakseimbangan cairan, kondisi bayi tersebut harus diatasi dulu sebelum dilakukan pembedahan.

Setelah pembedahan, biasanya bayi tidak langsung diberikan makan. Bayi akan diberikan cairan infus untuk beberapa jam. Anda dapat memberinya makan 12 atau 24 jam setelah operasi. Bayi masih dapat muntah setelah beberapa hari pembedahan.

Untuk pertanyaan anda seputar usia bayi anda yang masih berusia 2 bulan, bisa anda konsultasikan dengan dokter spesialis bedah anak untuk mempertimbangkan segala keadaan medis anak.

berikut kami sertakan artikel lain sebagai bahan lain bacaan anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar