Sukses

Seputar Kuret

15 Sep 2020, 17:08 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dok saya melakukan kuret tgl 15 agustus. Setelah selang 3 minggu ternyata masih ada sisa dirahim. Dan dokter menganjurkan kuret ulang. Saya tidak mau saya minta observasi seminggu. Setelah itu sisa keluar, dan setelah keluar saya mengalami nyeri diperut bawah dan vagina. Seolah olah vagina rasanya ingin mengeluarkan sesuatu. Dan stlh di USG sudah bersih, tapi masih ada kantong kehamilannya. Itu gejala apa ya dok?

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami turut prihatin atas kejadian yang Anda alami.

Gejala-gejala awal hamil tidak khas, sehingga kami tidak dapat memastikan apakah yang Anda alami adalah gejala kehamilan atau bukan tanpa melakukan pemeriksaan / tes kehamilan atau USG.

Jika keputihan Anda tersebut tidak berbau, tidak ada keluhan seperti gatal, nyeri, perih, dan berwarna putih atau bening (tidak hijau/kuning), ada kemungkinan keputihan tersebut adalah keputihan fisiologis (bisa timbul sebelum atau setelah mens, saat ovulasi, kelelahan, stres, dll).

Mual dan nyeri perut masih mungkin dialami akibat gejala sisa setelah kuretase. Namun apabila Anda mengalami keluhan tersebut berkepanjangan, kami sarankan agar Anda memeriksakan diri kembali kepada dokter kebidanan dan kandungan yang menangani Anda.

Jika badan Anda sudah pulih, perdarahan sudah tidak ada, dan Anda sudah siap mental lagi, Anda dapat melakukan hubungan intim kembali dengan suami. Namun disarankan agar Anda baru dapat hamil kembali setelah 3 bulan pasca kuret, walaupun Anda sudah dapat hamil kembali setelah 2-3 minggu pasca kuretase. Kurang lebih Anda akan menstruasi kembali 2-3 minggu pasca kuretase.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar