Sukses

Pengobatan Demam

14 Sep 2020, 21:23 WIB
Wanita, 45 tahun.

Suami saya demam tinggi 38'C batuk sangat jarang apalagi bersin hampir tidak ada Obar apa yg cocok untuk menurunkan demamnya

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Penanganan demam yang spesifik sangat bergantung pada penyebab dan usia penderitanya. Tidak semua demam perlu diatasi, karena ini merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang tidak normal di dalam tubuh.

Demam juga sebenarnya diperlukan, karena suhu tubuh yang meningkat akan memperbanyak jumlah zat pertahanan tubuh sehingga bakteri dan virus sulit berkembang biak.

Penanganan di rumahPenanganan demam di rumah dapat dilakukan dengan:

Menjaga kecukupan cairan tubuh. Demam dapat menyebabkan kehilangan cairan tubuh yang signifikan sehingga berpotensi mengalami dehidrasi. Karena itu, orang yang demam dianjurkan untuk minum air putih paling sedikit 8 gelas sehari, serta mengonsumsi oralit, jus, atau air kaldu. Cairan-cairan ini dapat menggantikan air, garam, dan ion-ion yang hilang akibat demam.

Batasi aktivitas, dan istirahat yang cukup.

Usahakan suhu ruangan tetap sejuk. Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman. Hindari menggunakan selimut yang terlalu tebal saat tidur, karena ini akan membuat suhu tubuh semakin meningkat.

Kompres atau mandi air hangat.Demam kerap menyebabkan rasa tidak nyaman, terutama pada anak-anak. Karena itu, obat penurun panas seperti parasetamol dapat digunakan. Perlu diingat bahwa obat ini hanya mengatasi gejala demam, bukan dimaksudkan untuk mengatasi penyakit yang mendasari.

Penggunaan obat penurun panas umumnya kurang disarankan pada demam yang ringan (< 38,3oC), karena dapat menyamarkan gejala suatu penyakit dan mempersulit penentuan penyebab demam.

Kapan harus ke dokterDemam pada anak dan balita kemungkinan bukan disebabkan oleh penyakit yang serius bila kondisi umum anak masih baik. Tanda-tanda kondisi anak masih baik, di antaranya:

Kontak mata yang baikBerespons baik terhadap suara dan ekspresi orang tuaMampu makan, minum, dan bermainPada orang dewasa, segera temui dokter khususnya bila terdapat demam dan:

HamilBaru saja kembali bepergian dari daerah endemis penyakit infeksi, seperti dengue, malaria, demam kuningBaru saja dipulangkan dari rumah sakit, menjalani operasi, atau prosedur medis lainnyaSering mengalami infeksiSedang dalam kemoterapi (terutama bila suhu oral > 37,8oC selama lebih dari satu jam, atau > 38,3 oC dalam satu waktu)Memiliki riwayat penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, kanker, lupus, atau anemia sel sabitKondisi-kondisi berikut juga memerlukan pemeriksaan dokter dengan segera:

Demam mencapai > 39,4oC.Demam berlangsung lebih dari 3 hari atau hilang timbul selama > 7 hari.Mengalami demam disertai salah satu atau lebih gejala berikut:Ruam kemerahan pada kulitKesulitan bernapas/nyeri dadaNyeri kepala/nyeri leher beratKejang atau gangguan kesadaranMuntah/diare hebatNyeri hebat pada perut/pinggang/punggungSangat lemas/gelisahNyeri saat berkemihMengalami kelemahan otot/penurunan sensasi perabaanGejala lain yang tidak biasa, atau membuat cemas

Demikian, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar