Sukses

Luka Bekas Sunat Bernanah dan Bengkak

14 Sep 2020, 21:11 WIB
Pria, 35 tahun.

Mohon Petunjuk DOKTER. Anak laki2 saya umur 5 Th. Dok, melakukan sunat Laser 3 hr yg lalu tepatnya pada tgl 29/08/2020 Jam 15.00 WIB. Kondisi yg sy lihat pada saat di sunat kepala penis terlihat normal, dan dibawalah pulang krmh tanpa adanya perban, karena kondisinya memang tak berdarah, intinya hari itu terlihat nomal dok. ke esokan harinya kepala penis tersebut mulai di tutupi oleh lendir berwarna kuning bening itu dok, dan menggumpal. Kalau di sekitar jahitan kayaknya normal doc, hanya area kepala penis saja yg terlihat aneh itu. 3 hari kemudian, kok kayaknya semakin banyak dok hanya di bagian kepala yg terbuka itu. Warna ada yg mengering, hitam kuning, dan cairannya masih tetap. Dan menutup bagian kepala penis semuanya. Nah untuk kencing, anak sy normal dok sperti biasanya sebelum sunat. namun sy khawatir dgn kondisi itu. Soalx hanya dibagian kepalanya saja. Apa yg harus sy lakukan dok?

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.

Kami turut bersimpati atas kondisi yang Anda alami. Sayang sekali kami tidak dapat memeriksa secara langsung sehingga kami tidak dapat mengetahui dengan pasti kondisi luka yang terjadi pada Anda. 

Jika terdapat nanah, kemungkinan terjadi infeksi pada area luka tersebut, bisa disebabkan oleh cara perawatan luka yang tidak tepat maupun masih adanya benda asing di dalam tubuh Anda. Untuk merawat luka, Anda dapat membersihkannya dengan kassa yang dicelup atau diberikan cairan NaCl. Anda dapat membelinya di apotik: NaCl 0.9%. Jangan membersihkannya dengan alkohol karena alkohol bersifat iritatif dan bisa menyebabkan nyeri pada luka. Setelah dibersihkan dengan cairan NaCl, Anda dapat menepuk-nepuk atau "mengeringkannya" dengan kasa kering lalu kemudian dapat diberikan salep/krim antibiotik. Jangan mencabut nanah yang kering di kulit Anda karena akan membuat proses penyembuhan semakin lama dan terdapat infeksi sekunder.

Jika luka basah, usahakan untuk mengganti perban dan membersihkannya setiap hari. Jangan lupa juga untuk kontrol ke dokter yang menangani Anda dan menanyakan mengenai kondisi yang Anda alami tersebut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.    

0 Komentar

Belum ada komentar