Sukses

Mengapa Berat Badan Sulit Naik?

11 Sep 2020, 12:34 WIB
Wanita, 20 tahun.

Assalamualikum Saya mau tanya kenapa ya pertama saat melakukan hubungan tiba² bb turun derastis trus jarak berapa bulan operasi usus buntu setelah itu berat badan susah banget naik. Apa solusinya bu

Walaikumsalam. Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. sebelumnya apakah berat badan turun mendadak atau dalam proses? bagaimana dengan aktivitas anda? apakah minum obat tertentu? bagaimana olahraga anda? sulit untuk menentukan mengapa berat badan anda bisa turun drastis hanya karena berhubungan. meskipun begitu akibat operasi usus buntu bisa ada dampak yang menyebabkan sulit menaikkan berat badan karena pola makan menjadi sedikit dan tidak teratur. intinya penyebab berat badan turun drastis harus dipastikan terlebih dahulu apa penyebabnya.

Yang perlu diperhatikan juga adalah adanya keluhan lain yang dirasakan seperti batuk lebih dari 2 minggu, berdebar-debar, sering berkeringat, tangan gemetar, sering buang air besar. Keluhan tersebut merupakan gejala dari penyakit yang mempengaruhi metabolisme tubuh, sehingga dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

Kami akan menjawab pertanyaan Anda dengan menggambarkan beberapa cara sehat untuk menaikkan berat badan, yaitu :

- Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang, dengan porsi lebih banyak dari biasanya. Serta ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal. Perkiraan jumlah yang disarankan adalah karbohidrat 50% per hari, protein 20% sehari, dan lemak 30% sehari. 

- Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak protein dan karbohidrat seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. 

- Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.

- Memperbanyak minum air putih, dapat memperbaiki metabolisme tubuh serta melancarkan pencernaan. Minum setidaknya 1.5-2 liter air mineral sehari.

- Saat minum susu, pilihlah susu full cream (whole milk) agar diperoleh nutrisi lebih.Selain itu, cobalah untuk memperhatikan label makanan yang dikonsumsi, untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan nutrisi pada produk makanan tersebut. 

 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam. 

0 Komentar

Belum ada komentar