Sukses

Benjolan di Batang Penis

14 Sep 2020, 12:16 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok saya mau nanya,batang penis saya ada benjolan yang kecil dan keras di sebelah kiri benjolan ini muncul ketika saya habis masturbasi.Apa yang harus saya lakukan dok? kalau ini memang hilang dengan sendirinya dalam waktu berapa hari?karena benjolan ini udah ada sejak seminggu yang lewat dan tidak membesar ataupun mengecil,ketika saya baru menyadari benjolan saya langsung memencet benjolan ini dan mengelupas kulitnya hingga luka karena saya pikir ini adalah jerawat. Namun sekarang lukanya udah sembuh tapi benjolannya masih ada. Apa yang harus saya lakukan dok?

Terima kasih telah bertanya seputar benjolan di batang penis melalui Tanya Dokter.

Kemungkinan Benjolan di penis bisa disebabkan adanya kista di penis atau jerawat di penis. Gangguan adanya kista di penis merupakan hal yang sangat amat jarang terjadi. Dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung untuk menentukan apakah benjolan tersebut merupakan kista atau bukan. Jika memang terbukti kista, penyebabnya bisa oleh karena kista sebasea. Kista Sebasea yang merupakan kantung tertutup di bawah kulit berisi cairan, gas, atau zat semisolid bahan dan bukanlah bagian dari jaringan yang normal. Pada umumnya kista akan mengecil dengan sendirinya. 

Jerawat mungkin terjadi pada alat kelamin karena struktur kulitnya juga memiliki kelenjar apokrin yang mengeluarkan emolien dan dapat terjadi penyumbatan pori kulit. Seringkali hilang dengan sendirinya atau terkadang dapat dibantu dengan salep antibiotik.

Demikian yang dapat kami sampaikan seputar benjolan di batang penis, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar