Sukses

Pengeroposan Tulang

13 Sep 2020, 20:48 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok saya mau tanya cara mengatasi tulang keropos itu gimana yah dok? terus tulang keropos itu baiknya mengkonsumsi makanan apa saja yah dok? terus kegiatan apa saja yg tidak boleh dilakukan sama orang yg tulangnya keropos?

Terima kasih telah bertanya tentang pengobatan tulang keropos melalui fitur Tanya Dokter.

Secara umum penanganan suatu kelainan medis terdiri atas 3 hal prinsip, yaitu:

Pencegahan (preventif),Pemberian terapi (kuratif),Mengembalikan fungsi (rehabilitatif).

Dari tiga prinsip langkah di atas, pencegahan merupakan langkah penting dalam kelainan medis ini. Pencegahan pada tulang keropos atau osteoporosis memiliki 2 tujuan, yang pertama untuk mencegah agar tidak terjadi osteoporosis dan mencegah agar pasien dengan osteoporosis tidak mengalami patah tulang.

Untuk diagnosis adanya osteoporosis maka dapat dilakukan pemeriksaan BMD (Bone Mass Densitometry). Menurut WHO, dikatakan osteoporosis apabila pada kurva BMD kurang dari -2.5 standar deviasi. Untuk deteksi dini osteoporosis dapat digunakan Bone Densitometer yaitu alat untuk mengukur masa tulang.

Menurut National Osteoporosis Foundation (NOF) Clinician’s Guide, rekomendasi penanganan osteoporosis untuk wanita menopause dan pria berusia lebih dari 50 tahun adalah :

Asupan kalsium harian setidaknya 1200 mg/hariAsupan vitamin D harian setidaknya 800-1000 IU per hariHindari merokok dan minum alkoholWanita diatas usia 65 tahun dan pria di atas usia 70 tahun direkomendasikan untuk periksa BMDWanita menopause dan pria 50-70 tahun yang memiliki faktor resiko osteoporosis sebaiknya periksa BMD.Perbanyak aktivitas. Tidak melakukan aktivitas (imobilisasi) dalam waktu lama dapat mencetuskan terjadinya osteoporosisHindari kegiatan yang bisa mencetuskan trauma seperti memanjat pohon dan memakai sepatu hak tinggiLakukan olahraga khususnya weight bearing exercise, seperti lari, jogging, berjalan, dan tenis. Weight bearing exercise adalah latihan fisik yang memiliki unsur pembebanan pada tubuh atau anggota gerak dan penekanan pada aksis tulang.

Pemberian Obat

Pemberian obat pada kasus osteoporosis adalah mempertahankan atau meningkatkan masa tulang, dan menurunkan resiko patah tulang. Pengobatan osteoporosis dapat menggunakan alendronate, HRT (hormon replacement therapy) seperti estrogen, asam zoledronik, raloxifene, kalsium, dan vitamin D.

Latihan Fisik

Latihan fisik atau berolahraga bertujuan mengurangi kehilangan massa tulang dan mengurangi insiden patah tulang. Berjalan misalnya sangat bermandaat karena memiliki pola gerakan koordinasi antara tulang belakang dan anggota gerak. Namun olahraga yang diserai gerakan seperti membungkuk ke depan dan melompat sebisa mungkin dihindari karena menambah risiko terjadinya patah tulang.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait pengobatan tulang keropos. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar