Sukses

Mpasi Anak 7 Bulan

13 Sep 2020, 11:32 WIB
Wanita, 25 tahun.

Hai dok, mau nanya bayi umur 7 bulan makan mpasi nya berapa kali sehari

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

MPASI dapat mulai diperkenalkan dengan pemberian buah atau sayur yang dihaluskan. Disarankan untuk memberikan satu jenis makanan terlebih dahulu agar anak dapat mengenal rasanya. Anda juga disarankan untuk memberikan satu jenis makanan selama empat hari berturut-turut untuk mengetahui kemungkinan anak alergi terhadap makanan tersebut. Jika tidak ada reaksi, Anda dapat melanjutkan kepada pengenalan MPASI berikutnya.

Boleh bagi Anda untuk memberikan apa saja yang anak anda mau. Hanya saja perlu diperhatikan teksturnya agar jangan terlalu padat. Untuk usia 6-8 bulan, Anda dapat menambahkan : alpukat, wortel matang, ubi, pepaya, daging (ayam, ikan, daging, dll), tahu, kacang-kacangan. Tekstur pure sudah dapat Anda kentalkan dengan menambahkan lebih sedikit cairan (air/susu formula/ASI).

Untuk bayi usia 8-10 bulan, Anda bisa mulai meningkatkan tekstur makanan si kecil, tidak perlu terlalu halus lagi (menjadi bubur saring). Anda juga sudah bisa mencoba memberikan dia makanan yang dapat dipegangnya (finger food).

Untuk usia 10-12 bulan, Anda dapat menambahkan keju, buah yang dipotong kotak-kotak kecil, pasta, yogurt, dan telur.

Setelah lewat usia 12 bulan, anak Anda sudah mulai dapat memakan makanan orang dewasa dan minum susu cair (susu UHT atau pasteurisasi).

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar