Sukses

Anak Demam 4 Hari

13 Sep 2020, 05:55 WIB
Pria, 45 tahun.

Selamat malam dok. Anak saya usia 15 th sudah 4 hari panas kadang kedinginan.tapi tidak batuk atau pilek. Sudah dibawa ke dokter juga tapi sepertinya obatnya tidak mempan. Kira2 kenapa anak saya ya dok. Trima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Halo Bapak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Bapak rasakan.

Berikut adalah beberapa penyebab dari anak demam yang selalu naik dan turun:

Tifus

Salah satu penyebab terjadinya demam naik turun adalah penyakit tifus. Penyebab tifus adalah bakteri Salmonella. Penderita tifus akan mengalami demam tinggi mencapai 39 - 40 derajat Celsius. Pola demam karena tifus tidak bisa diprediksi karena naik turun tak tentu. Terkadang, si Kecil bisa demam pada siang hari dan normal pada sore hari atau sebaliknya.

Demam Berdarah

Jika anak demam naik turun, biasanya orang tua akan langsung berpikir anak terkena demam berdarah (DB). Memang penyakit DB identik dengan gejala demam naik turun. Akan tetapi, tidak semua demam naik turun merupakan gejala DB.

Suhu saat demam tinggi pada penyakit DB mencapai 40 derajat Celsius atau lebih. Selain demam, gejala DB lainnya adalah bintik merah, sakit kepala, nyeri sendi atau otot, muntah, mual, kelelahan, dan menggigil. Penyebab DB adalah virus dengue pada nyamuk Aedes aegypti.

Infeksi Virus

Infeksi virus dapat terjadi karena lingkungan anak kurang bersih, terutama jika dia sering main di lantai. Selain demam, infeksi virus juga dapat menimbulkan batuk, pilek, dan diare.

Demam karena infeksi virus biasanya berlangsung seperti berikut: hari 1 dan 2 suhu tinggi, hari ke 3 dan 4 hari suhu turun, lalu hari ke 5 dan 4 naik lagi. Jika penyebab demam adalah karena infeksi virus, demam biasanya akan sembuh dengan sendirinya pada hari ke-6.

 

Untuk memastikannya, lebih baik anak kembali kontrol ke dokter yang pertama memeriksanya. Dengan begitu, dokter bisa merubah atau menambah obat bila diperlukan. 

Berikut artikel tambahan untuk Anda:

Demam pada Anak

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun.

Semoga Bapak sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar