Sukses

Mengurangi Nyeri Pinggang Akibat Kencing Darah

09 Sep 2020, 19:13 WIB
Pria, 24 tahun.

dok, bagaimana cara mengurangi rasa sakit pinggang yang dikarenakan kencing darah?

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan USG? Pemeriksaan radiologi dibutuhkan untuk melihat adanya batu, lokasi, ukuran batu tersebut. Jika memang keluhan masih ada, kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter urologi untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan. 

 

dari keluhan anda, kemungkinan penyakitnya adalah akibat batu ginjal atau batu saluran kencing yang terbentuk dari pengendapan kristal yang ada di urin. Terapi yang diberikan bagi penderita batu ginjal perlu disesuaikan dengan ukuran batu yang terbentuk.

Untuk kasus batu ginjal yang berukuran 4 mm atau kurang, pada sekitar 90% kasus batu dapat keluar dengan sendirinya melalui urin. Pasien perlu meningkatkan asupan minumnya, menjadi 2-3 liter/hari, untuk mempercepat proses pengeluaran batu tersebut. Observasi proses pengeluaran batu melalui urin dapat dilakukan selama 30 hari, untuk melihat apakah batu dapat keluar dengan sendirinya sebelum diputuskan untuk dilakukan intervensi bedah.

anda dapat konsumsi obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit akibat sumbatan batu ginjal, namun pemberian obat penghilang rasa sakit melalui mulut (oral) hanya efektif untuk menghilangkan rasa sakit yang tidak terlalu berat.

Untuk itu, kami sarankan Anda berkonsultasi dan mendiskusikan kondisi kesehatan Anda dengan dokter spesialis urologi Anda. Dengan demikian dapat diketahui kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh, besarnya batu dan pilihan terapi yang paling tepat untuk kondisi Anda. Kami tidak menganjurkan suatu pengobatan alternatif dengan ramuan tertentu yang belum memiliki bukti klinis melalui suatu penelitian yang diakui untuk mengatasi keluhan Anda.

Kurangnya asupan cairan dan kurang aktivitas juga merupakan salah satu faktor penyebab terbentuknya batu (tanpa melihat jenisnya), sehingga sangat disarankan untuk meningkatkan asupan cairan hingga 2-3 liter/hari dan melakukan aktivitas fisik rutin dan teratur. Namun bukan berarti jika Anda banyak minum air dapat secara pasti mencegah batu ginjal, karena pembentukan batu ginjal berdasarkan banyak faktor, yang salah satunya adalah pola makan. 

Kami sarankan agar Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi agar dapat dilakukan pemeriksaan dan tata laksana lanjutan yang sesuai.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam. 

0 Komentar

Belum ada komentar