Sukses

Efek Samping Diet yang Ekstrim

09 Sep 2020, 09:25 WIB
Wanita, 16 tahun.

dok saya mau bertanya. bulan maret-juni saya melakukan diet yang bisa dibilang ekstrem hanya mengkonsumsi dibawah 800 kcal perhari memang terasa lemas sekali namun haid saya ttp lancar setiap bulannya dan bab pun sama tetap lancar. ketika saya menaikan kalori diatas bmr, sejak bulan juli-sekarang, tp kok saya blm haid ya dok sdh 2 bulan ini? dan pencernaan jg kdg trganggu,rambut pun semakin parah rontoknya pdhl setiap hari saya makan sayuran dan buah, serat jg tercukupi mohon solusinya y dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Berdasarkan keluhan tersebut, kemungkinan adanya telat haid, rambut rontok, dan BAB tidak lancar adalah efek samping dari diet ekstrim yang Anda lakukan. 

Dari bulan Maret-Juni merupakan waktu yang cukup lama dengan pola diet yang tidak sehat karena hanya mengonsumsi <800 kcal per hari. Keadaan ini membuat tubuh akan kekurangan nutrisi penting dalam melakukan metabolismenya, sehingga proses pencernaan dan pembentukan hormon pun terganggu.

Untuk mengatasinya, perhatikan asupan nutrisi harian Anda dan pastikan kebutuhannya seimbang. Tidak hanya serat yang diperhatikan, tapi juga nutrisi lainnya seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral lain. Lakukanlah diet secara sehat dengan mencukup semua nutrisi tersebut. Pastikan juga kebutuhan cairan terpenuhi dan jangan lupa untuk berolahraga.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar