Sukses

Batuk Tidak Sembuh

09 Sep 2020, 08:35 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok kemaren saya habis di rontgen, keluhannya batuk gak sembuh sembuh hampir 1,5 bulan lebih. Kadang berdahak kadang tidak dan kadang ada darahnya. Sudah 3 hari tiap menjelang malam saya meriang. Dan hasil Rontgennya: jantung tak membesar, paru kanan fibrosis suram paracardial, laterobasal suram, trakea ditengah, diafragma baik dan kesan KP aktif kanan. Kirakira kenapa ya dok? TerimakasihūüôŹ

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Berdasarkan pemeriksaan foto rontgen dada tersebut, Anda menderita tuberkulosis. KP aktif artinya Koch Pulmonum aktif (penyakit tersebut sedang aktif dan dapat menular).

Tuberkulosis adalah nama lain dari KP, yaitu penyakit infeksi paru yang disebabkan oleh kuman kelompok Mycobacterim tuberculosis. Cara penularan penyakit ini melalui droplet yang dikeluarkan oleh penderita TB yang dalam udara yang dapat bertahan dalam suhu kamar (25-30o). Orang dapat terinfeksi apabaila droplet tersebut terhirup dalam saluran pernapasan.

Gejala yang timbul pada penderita TBC paru adalah;

- Batuk-batuk yang produktif >2 minggu

- Batuk berdarah

- Sesak nafas

- Nyeri dada

- Lemah, letih

- Berat badan menurun

- Nafsu makan menurun

- Berkeringat pada malam hari

- Demam yang tidak tinggi

Untuk mengatasinya, Anda harus mengonsumsi obat TB selama 6 bulan dan tidak boleh putus obat. Terapi dilakukan dengan pemberian OAT (Obat Anti Tuberkulosis). OAT harus diberikan dalam kombinasi sedikitnya dua obat yang bersifat bakterisid (isoniazid dan rifampicin) dengan atau tanpa obat ketiga. OAT yang tersedia adalah Isoniazid (H), Rifampicin (R), Etambutol (E), Streptomicin (S), Pirazinamid (Z). Kepatuhan pasien sangat penting untuk kesembuhan total dari kuman Tuberkulosis.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda cepat sembuh.

0 Komentar

Belum ada komentar