Sukses

Anak Menderita DMD

09 Sep 2020, 07:23 WIB
Pria, 48 tahun.

Dok.. anak saya penderita DMD sebaiknya dirujuk ke rumah sakit apa..? dan ke ke dokter soesialis apa..?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

DMD adalah kelainan genetik atau diturunkan dan merupakan salah satu bentuk dari distrofi muskular (pengecilan otot) yang berlangsung secara progresif akibat dari degenerasi otot. Pada umumnya kelainan ini dialami sejak kecil (kurang dari 6 tahun) dan kebanyakan diderita oleh anak laki-laki.

Kelemahan otot umumnya terlihat pada anak laki-laki berusia kurang dari 6 tahun yang semakin progresif atau memberat terutama menyangkut kelemahan otot panggul dan paha yang disebabkan karena hilangnya massa otot di daerah tersebut. 

Gejala lain adalah kurangnya ketahanan tubuh, sulit berdiri tanpa dibantu, cara berjalan yang aneh (menjinjit atau mencoba berlari), sering jatuh, mudah lelah, peningkatan lumbar lordosis (postur tubuh yang tidak lurus), dan tidak mampu menaiki tangga. Seiring berjalannya waktu, jaringan otot akan diganti dengan jaringan lemak dan jaringan fibrosis. Pada usia 10 tahun, umumnya anak akan membutuhkan alat bantu intuk berjalan (braces), dan terkadang membutuhkan kursi roda.

Sejauh ini, belum ada terapi untuk menyembuhkan DMD. Terapi yang dilakukan bertujuan untuk mengurangi keluhan atau gejala yang terjadi dan meningkatkan kualitas hidup. Kami sarankan agar Anda terus berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk evaluasi anak Anda secara holistik.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar