Sukses

Nyeri Dada Kanan Hilang Timbul Tembus Ke Punggung

08 Sep 2020, 20:41 WIB
Wanita, 37 tahun.

Sore dok,sy mau bertanya akhir" ini sy sering pusing dan kdng dada terasa sesak/nyeri smpai tembus ke punggung belkang yg seblah kanan hampir setiap hari dok.skitnya itu hilang timbul jdi tk rsakan aja.mungkin kenapa ya

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan.

Keluhan nyeri di dada dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan kulit, otot, tulang, paru-paru, saluran pencernaan, atau jantung.

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat anti-inflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag.

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Keluhan ibu Anda saat ini adalah nyeri saat bernafas. Kemungkinan keluhan ibu Anda bisa berhubungan dengan gangguan saluran pernafasan. Namun untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, kami sarankan agar ibu Anda berkonsultasi lebih lanjut secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan wawancara medis yang lebih mendetil dan pemeriksaan lanjutan, termasuk pemeriksaan treadmill test bila perlu (mengarah ke gangguan jantung). Dengan demikian dapat ditentukan penyebab pastinya dan segera mendapatkan penanganan yang tepat. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam. 

0 Komentar

Belum ada komentar