Sukses

Radiasi Komputer terhadap Kesehatan Mata

08 Sep 2020, 11:09 WIB
Pria, 25 tahun.

dok, kenalin nama saya daniel mas. saya ingin tanya atau konsultasi masalah seputar kesehatan mata saya dok, begini dok saya tidak tau masalah apa yang menimpa kulit sekitar wajah saya dan mata saya setelah saya lama-lama menatap layar laptop saya dan saya tertidur ditempat tidur tapi laptop saya masih dalam ke adaan menyala. tiba-tiba mata saya bengkak dan sekitar wajah saya memerah seperti terbakar dan mengeluarkan bintik-bintik putih seperti mengeluarkan nanah. dan keadaan saya sekarang di sekitar mata mengbengkak dan memar, pertanyaan gejala penyakit apa yang saya alami ini dok apakah efek radiasi dari elektromagenetic dari cahaya laptop yang mengenai sekitar wajah dan mata saya, dan bagaimana solusinya karena hal ini sangat menggangu kesehatan mata saya dan kulit wajah saya?

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terimakasih telah bertanya tentang mengatasi efek radiasi layar komputer melalui fitur Tanya Dokter.

Layar komputer maupun lainnya seperti TV dan gadget, mengeluarkan sinar biru yang dapat membuat mata lelah, merah, kering, iritasi, hingga membuat pandangan kabur bila terpapar terlalu lama (>4 jam per hari).

Kondisi ini merupakan bagaian dari kondisi yang disebut Computer Vision Syndrome/Electronic Eye Pain.

Normalnya setiap orang akan mengedip sekitar 18x setiap menitnya yang berguna untuk membantu menyegarkan mata. Ternyata ketika kita sedang menatap layar komputer, kemampuan mata untuk mengedip hanya setengahnya, sehingga mata mudah kering, merah, berair, lelah, gatal dan pedih. 

Penglihatan merupakan sistem yang penting dan harus dijaga kesehatannya. Jika mata terlalu lelah digunakan untuk membaca dekat maka dapat menurunkan fungsi penglihatan lebih cepat. Untuk itu batasi waktu menonton TV dan waktu menggunakan gadget.

Memang belum ada bukti bahwa mata akan rusak apabila menatap layar elektronik dalam waktu yang lama. Namun, ini dapat membuat mata menegang dan menimbulkan ketidaknyamanan. Beberapa gejala yang dapat Anda rasakan ialah:

Penglihatan kaburPenglihatan ganda/dobelMata kering, merahMata iritasiSakit kepalaSakit leher atau punggungApabila Anda bekerja dengan komputer/gadget:

Bila menggunakan kacamata, pastikan kacamata atau lensa kontak Anda aman untuk melihat monitor komputer. Pastikan ukurannya, masih sesuai atau tidak.Posisikan monitor komputer Anda selevel dengan mata supaya Anda tidak menunduk.Gunakan anti-glare screen untuk menghindari mata silau.Gunakan kacamata khusus yang dapat menyaring sinar biru. Sekarang sudah banyak produsennya di Indonesia.Seringlah berkedip untuk mencegah mata kering.Ikuti aturan 20-20-20. Gunakan mata untuk melihat komputer secara terbatas, hanya 2 jam dan setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat sejauh 20 kaki selama 20 detik sehingga mata dan otot-otot mata tidak terlalu lelah dalam bekerja untuk melihat dekat.Setel komputer dengan pencahayaan, kontras, dan ukuran huruf yang nyaman bagi mata Anda.Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

9 Cara Menjaga Mata Agar Tetap Tajam dan Sehat!5 Nutrisi untuk Kesehatan Mata9 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat!7 Cara Medis Agar Mata Tetap FreshPandang Komputer Maksimal Dua JamMata Lelah Karena Layar Komputer: Computer Vision SyndromeTidak ada obat-obatan khusus untuk mengatasi radiasi layar komputer. Bila perlu, terutama bila mata dirasa kering, Anda dapat menggunakan tetes mata (penyegar).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar efek radiasi layar komputer. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar