Sukses

Gigi Sakit Setelah Ditambal

07 Sep 2020, 17:34 WIB
Wanita, 44 tahun.

Pagi dok. Awalnya sakit gigi bekas tambel.. gigi taring sebelah kiri. Sdh ditambal sekitar 6 bulan.. 3 hari yg lalu tiba2 sakit .. sampai sekarang dan pipi sy bengkak agak kemerahan. Pertanyaan nya bahaya tidak dok? Sementara sy sdh minum obat dan antibiotik. Sakitnya Reda sebentar dan akan sakit lagi.. sampai hari ini sudah 4 hari. Dan apakah giginya yg bekas tambal harus di buka atau gimana ya dok.. tolong penjelasan nya. Tq

Halo Saudari,

Saya mengerti keluhan yang Anda rasakan, Rasa ngilu setelah penambalan gigi merupakan masalah yang cukup sering ditemui, terutama jika lubang gigi sudah cukup dalam dan ditambal dengan menggunakan bahan tambal sewarna gigi yaitu resin komposit (bahan tambal sinar). gigi dapat terasa sensitif jika terkena rangsangan suhu atau penekanan saat mengunyah. Namun jika rasa ngilu tidak kunjung hilang dan terdapat pembengkakan, sebaiknya periksakan kembali tambalan tersebut ke dokter gigi yang merawat Anda. 

Ada kemungkinan saat Anda pertama datang untuk ditambal, lubang gigi sebetulnya sudah terlalu dalam dan mencapai rongga yang berisi syaraf dan pembuluh darah. Jika hal ini yang terjadi, maka seharusnya dilakukan perawatan syaraf terlebih dulu, baru setelah itu dilakukan restorasi (tambalan/mahkota sementara). Rontgen gigi dapat dilakukan sebagai pemeriksaan penunjang untuk memastikannya. Jika hal ini yang terjadi, sebaiknya tambalan tersebut dibongkar dan ditambal ulang.

Perlu diketahui bahwa minum obat antibiotik maupun penghilang rasa sakit hanya dapat meredakan sementara waktu. Oleh karena itu, segera lakukan pemeriksaan kembali dengan dokter gigi agar dapat diatasi dengan tepat sesuai kondisi.

Baca juga:

Sakit Gigi Bisa Sembuh Sendiri?

Cara Mengatasi Sakit Gigi yang Mudah dan Ampuh

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/Android.

0 Komentar

Belum ada komentar