Sukses

Seputar Penyakit Rakitis pada Anak

07 Sep 2020, 08:48 WIB
Wanita, 22 tahun.

gejala dan solusi penyakit rakhitis pada balita apa dok?

Terima kasih telah bertanya seputar rakitis melalui Tanya Dokter.

Rakitis (rickets) adalah suatu gangguan pada tulang yang sedang tumbuh, di mana kalsium gagal disimpan dalam tulang. Akibatnya tulang menjadi lunak dan mudah patah atau berubah bentuk.

Rakitis hanya menyerang anak-anak. Meski demikian, jika tidak ditangani dengan baik, dampaknya akan terus dirasakan hingga dewasa.

Diagnosis untuk menentukan rakitis (rickets) dilakukan melalui pemeriksaan fisik terhadap gejala khas. Ada juga pemeriksaan tambahan berupa pemeriksaan laboratorium dan radiologi.

Terdapat beberapa gejala dan tanda yang khas pada rakitis (rickets), yaitu:

  • Pada bayi. Dapat dijumpai keadaan kejang, kaku, pertumbuhan fisik yang lambat, kelemahan, dan gagal tumbuh.
  • Pada anak yang sudah mulai berjalan, dapat dijumpai keadaan seperti kelainan tulang, terutama di bagian kaki. Misalnya: lutut bengkok ke arah luar seperti membentuk busur panah, atau lutut bengkok ke arah dalam dan saling bertemu jika kaki diluruskan.

Jika kelainan tulang yang terjadi tidak begitu parah, dapat digunakan suatu alat yang bernama splint yang digunakan pada malam hari. Splint bertujuan untuk mengoreksi secara perlahan kelainan tulang yang ada.

Jika kelainan tulang yang terjadi cukup parah, dapat dilakukan tindakan bedah osteotomi (memotong tulang) hingga bentuk tulang mendekati normal.

Demikian yang dapat kami sampaikan seputar rakitis, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar