Sukses

Seputar Benjolan di Mata

05 Sep 2020, 19:02 WIB
Wanita, 28 tahun.

benjolan di samping mata kanan.. hallo saya rizkia, saya memiliki keluhan berupa benjolan disamping mata kanan , . benjolannya seperti jerawat, ada bintik hitam ditengahnya seperti mata/ kadang juga orang mengiranya karang jadi.. tp sebenernya awalnya itu tdk pernah ada.. pernah saya pencet, dan keluar putih seperti komedo, sempat kempes hanya sehari saja dan langsung kembali bengkak.. sudah sekitar 3thn ukurannya ttp seperti ini, tdk membesar & tdk mengecil hanya sering sakit.. dan yg dimata kiri saya pun skrg ada pembengkakan kecil, takutnya akan sama seperti benjolan disamping mata kanan.. .pertanyaannya , apakah benjolan ini bisa disembuhkan oleh salep / obat atau musti di lakukan penanganan oprasi kecil terimakasih

Terimakasih telah bertanya tentang bintitan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Benjolan di sekitar mata dapat terjadi karena beberapa hal seperti:

Hordeolum atau chalazion (dalam bahasa awam sering disebut dengan "bintitan"). Bintitan dapat terjadi di kelopak mata atas maupun bawah.

Xanthelasma (benjolan yang berupa kumpulan lemak pada kelopak mata).

Kista epidermal (merupakan kista kecil yang timbul seringkali karena trauma/gesekan).

Kista sebasea (merupakan kista yang sering timbul pada daerah kelopak mata atau daerah alis yang berambut karena sumbatan kelenjar sebasea atau kelenjar lainnya)

Milia (benjolan kecil-kecil karena sumbatan pada saluran rambut-rambut halus)

Kista sudorifera (merupakan kista kecil di daerah kelopak mata yang disebabkan karena sumbatan kelenjar keringat)

Papiloma (pertumbuhan benjolan jinak yang sering terjadi di daerah mata)

Nevus (dalam bahasa awam sering disebut dengan "tahi lalat").

Sulit bagi kami untuk menentukan penyebab benjolan di bawah mata pada anak Anda tanpa memeriksa langsung. Jika benjolan tersebut adalah benar bintitan dan ukurannya  besar, maka dapat dilakukan eksisi (sayatan) untuk mengeluarkan isi benjolan, jika ukuran tidak terlalu besar, maka benjolan dapat diatasi dengan kompres air hangat serta pemberian salap antibiotik.

Bila bintitan berlangsung lebih dari 3 minggu, dan sudah tidak ada rasa nyeri/ kemerahan kemungkinan sudah berubah menjadi kalazion. Untuk menghilangkan kalazion perlu dilakukan tindakan oleh dokter spesialis mata.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar