Sukses

Kulit Sensitif dan Beruntusan Di Wajah

06 Sep 2020, 19:40 WIB
Wanita, 16 tahun.

Malam Dok mau tanya obat jerawat dan bruntusan untuk kulit sensitif apa ya?

Terima kasih telah bertanya seputar kulit sensitif dan beruntusan dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran anda. Beruntusan yang Anda keluhkan bisa karena beberapa faktor bisa karena hormon, bisa karena produksi minyak, bisa karena produk yang Anda gunakan tidak cocok (alergi), dan berbagai hal. Beruntusan yang terjadi bisa pula merupakan suatu bentuk jerawat.

Mengingat penanganannya akan sangat bervariasi tergantung penyebab, kami sarankan agar Anda melakukan konsultasi ke dokter kulit secara langsung. Jika dalam kasus anda, setelah berhenti menggunakan obat antibiotik tersebut, wajah anda kembali beruntusan bukan dikarenakan ketergantungan. Tetapi obat tersebut memang bisa mengontrol infeksi yang terjadi pada kulit anda sehingga tidak terjadi proses peradangan atau jerawat. Untuk penggunaan antibiotik berkepanjangan sebaiknya memang sangat tidak dianjurkan. Maka dari itu anda diperlukan cara lain untuk mengontrol jerawat pada kulit anda yaitu dengan menjaga gaya hidup anda sehingga kulit anda tidak terlalu berminyak dan lebih sehat. Izinkan kami menjelaskan tentang bagaimana merawat kulit agar lebih sehat. Untuk mendapatkan kulit bersih halus, maka dimulai dengan bagaimana Anda mencuci muka Anda.  Berikut beberapa tips dalam perihal usaha merawat kulit kian optimal yang telah melalui pertimbangan medis:

  • Cuci tangan yang bersih sebelum menyentuh wajah Anda. Penting adanya faktor kebersihan dalam melakukan perawatan wajah. Bakteri bisa datang dari mana saja, temasuk diantaranya tangan kita sendiri.
  • Senantiasa lakukan pembersihan kulit pada pagi dan malam hari Kulit yang telah seharian ikut beraktivitas tanpa kita sadari terpapar oleh bakteri ataupun kuman, oleh karena itu penting untuk melakukan pembersihan kulit wajah pada malam hari. Pun, pembersihan di pagi hari adalah guna membersihkan kulit dari lemak yang dikeluarkan oleh tubuh selama tidur malam hari.
  • Di malam hari, luangkan waktu untuk memijat kulit untuk menstimulasi sirkulasi pertukaran sel-sel pada kulit. Lakukan dengan cairan penyegar guna memberikan efek relaksasi pada kulit setelah lelah beraktifitas.
  • Hindari makanan berminyak atau tinggi protein, karena hal ini dapat meningkatkan kelenjar minyak anda.
  • Bila memang jenis kulit Anda mudah berjerawat dan berminyak, maka untuk menghilangkan beruntusan bisa pula dilakukan dengan menggunakan krim-krim penghilang jerawat, seperti yang mengandung tea tree oil, benzoyl peroxide, retinoid. Jika Anda berkulit sensitif dan mudah merah, sebaiknya Untuk penggunaan krim ini perlu dilakukan dibawah pengawasan dokter. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar