Sukses

Mual Setiap Minum Kopi

06 Sep 2020, 09:01 WIB
Wanita, 18 tahun.

Halo dok, saya mau bertanya, akhir-akhir ini setiap saya minum kopi perut saya menjadi mual dan punggung bagian bawah terasa pegal dan nyeri. Padahal dulu tidak pernah ada masalah seperti itu. Apa ada hubungannya dengan kurang tidur dan kurang olahraga? Terima kasih, dok.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Apakah perasaan mual diikuti dengan keluhan nyeri pada ulu hati? Apakah perut terasa begah/kembung? Apakah Anda memiliki riwayat maag?

Rasa mual seringkali dikaitkan dengan peningkatan asam lambung. Selain mual, biasanya akan timbul gejala lain, seperti nyeri ulu hati, kembung, sering sendawa, dan sebagainya. 

Jika Anda memiliki riwayat penyakit maag, rasa mual yang Anda keluhkan bisa jadi disebabkan karena konsumsi kopi. Kopi adalah minuman yang mengandung kafein tinggi. Kafein tersebut dapat memicu peningkatkan asam lambung jika dikonsumsi saat perut kosong atau secara berlebihan.

Untuk mengatasinya, hindari dulu mengonsumsi kopi, hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda). Lalu, pastikan Anda makan yang teratur dengan porsi sedikit tapi lebih sering. 

Jika keluhan tidak membaik, saya sarankan untuk memeriksakan keadaan Anda ke dokter agar dapat dilakukan evaluasi dan mendapatkan penanganan yang sesuai.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar