Sukses

Seputar Saraf Terjepit

04 Sep 2020, 11:00 WIB
Wanita, 42 tahun.

Malam dok....saya udah hampir 7 bln kena syaraf kejepit di pinggang saat ini saya masih aktif olahraga zumba, erobic & sepeda meskipun lg sakit sering dipaksakan tp saya hindari gerakan membungkuk apakan boleh olahraga seperti ini atau sebaiknya olahraga apa yg cocok. Saat ini saya terapi di rumah baru 1 minggu pki alat lumbar dari dr. qyu apa tetap perlu pemeriksaan medis, rasa sakitnya kadang hilang kambuh. Terima kasih

Halo

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

HNP (Hernia Nucleosus Pulposus) atau saraf terjepit perlu ditangani secara serius karena jika tidak ditangani secara serius maka dapat mengakibatkan komplikasi yang tidak diinginkan.

Pada kondisi saraf terjepit, penanganan sangat bergantung pada derajat terjepitnya saraf. Apakah saraf sudah sangat terjepit atau belum. Jika keadaan saraf belum sangat terjepit maka selain pengobatan yang diberikan, biasanya juga perlu dilakukan terapi rehabilitasi medik (misal: senam, peregangan) untuk membantu mengurangi rasa nyeri, membantu memperbaiki posisi tulang belakang, meregangkan wilayah yang terjepit serta membantu agar otot-otot di sekitar wilayah persarafan yang terganggu tetap aktif. Terkadang juga diperlukan pemanasan (diatermi) untuk membantu mengurangi rasa sakit.

Namun, pada kondisi saraf yang sudah sangat terjepit dan tidak dapat diatasi dengan obat-obatan dan terapi rehabilitasi medik, maka diperlukan tindakan operasi untuk melepaskan tekanan pada saraf. Kondisi penjepitan saraf yang tidak mengalami perbaikan setelah beberapa waktu usaha konvensional (berenang, fisioterapi, akupunktur) biasanya memerlukan penanganan pembedahan.

Penyakit saraf terjepit ini, bila kondisi penjepitannya sudah cukup parah maka memang tindakan yang paling baik adalah dengan melakukan operasi pembebasan saraf yang terjepit tersebut.

Sementara waktu, rasa nyeri yang Anda dialami dapat dikurangi dengan konsumsi obat-obatan golongan antiradang nonsteroid. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

• Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja, bergerak banyak

• Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang

• Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.

Jadi, menjawab pertanyaan anda sebaiknya tidak memaksakan olahraga bila nyeri, olahraga yang disarankan adalah berenang atau bersepeda dan ya anda tetap perlu pemeriksaan medis.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

2 Komentar

  • 1Joy Raditya

    halo dok sya mngalami saraf terjepit tngn dan kaki kiri sya kaku sudah 9thn pasca kecelalaan 9thn lalu,sudah lama bbrpa tahun ini udah tdk kontrol k rs,minta pencerahan nya apakah sya msh bsa sembuh dan apa yg hrz d lakukan

  • dokter apakah penyakit bells pasly bisa di sembuhkan ? saya mengalami bells palsy pada tahun 2014 dan sempat berobat ke drs saraf bbrpa kali karna faktor ekomoni saya berhenti berobat. namun sampai sekarang wajah saya masih belum stabil walau di bagian mata sudah bisa berkedip namun wajah di bagian kanan saya masih melorot dan belum stabil sampai saat ini.apakah masih bisa di sembuhkan jika saya melanjutkan berobat ke drs saraf ?mohon penjelasannya dok terimakasih