Sukses

BAK Berwarna Merah

04 Sep 2020, 11:00 WIB
Wanita, 17 tahun.

Malam dok, mau tanya kenapa saat kencing berwarna merah dan kepala Saya sering pusing, itu knp ya dok klu boleh tau? Terimakasih

Halo

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Air kencing yang berwarna merah dapat disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah adanya kandungan darah dalam kencing, atau kandungan kimia lain dari apa yang Anda minum atau makan (misalnya obat-obatan) yang dapat mengubah warna air kencing Anda menjadi merah.

Apabila saat kencing Anda berwarna merah ditemukan sel darah merah, berarti terdapat kondisi yang menyebabkan darah dapat keluar dalam kencing. Hal-hal yang dapat menyebabkan kondisi ini berupa:

  • Infeksi saluran kencing. Dalam infeksi pada umumnya terdapat demam dan nyeri saat kencing.
  • Infeksi ginjal. Sama halnya dengan infeksi saluran kencing, infeksi pada umumnya akan disertai demam.Batu ginjal atau saluran kencing. Terkadang batu ginjal atau saluran kencing dapat sangat kecil sehingga meskipun menyebabkan perlukaan tetapi tidak ada gejala nyeri sesudah batu tersebut keluar.
  • Anemia sel sabit. Anemia sel sabit pada umumnya akan terdeteksi dengan tes darah. Kondisi ini pun sifatnya herediter.
  • Trauma ginjal. Trauma berupa cedera atau kecelakaan yang mencederai ginjal dapat menyebabkan darah keluar dalam urin.
  • Obat-obatan. Obat-obatan seperti aspirin apabila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan perlukaan lambung dan menyebabkan darah keluar dalam urin.
  • Olahraga berat. Olahraga dengan intensitas berat dapat menyebabkan rhabdomiolisis dimana serabut otot mengalami stres berat sehingga menyebabkan sel darah merah keluar dalam urin.
  • Haid. Saat sedang haid bisa saja air kencing yang keluar dari saluran kemih bercampur dengan darah yang keluar dari vagina, sehingga tampak kemerahan.

 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar