Sukses

Telapa Tangan Gatal dan Ruam, Apa Penyebabnya?

02 Sep 2020, 17:27 WIB
Wanita, 22 tahun.

Sore dok, saya ingin bertanya tentang rasa gatal dan ruam merah pada bagian telapak tangan +- 3 bulan. Setelah minum obat gatal + antibiotik rasa gatalnya hilang tetapi tidak lama kemudian kembali gatal. Sudah lama juga tidak menggunakan detergen dsb. Kira2 gejala penyakit apa ya dok? Dan cara mengatasinya seperti apa? Terimakasih dok

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. Sudah berapa lamakah Anda mengalami ini? Apakah Anda mengenali pemicunya? Apakah Anda menggunakan lotion atau produk lain yang tidak seperti biasanya?

Penyakit kulit yang menyebabkan gatal-gatal pada tangan, yaitu:

- Dermatitis kontak alergi, misalnya akibat baru mengganti merk deterjen pakaian

- Infeksi jamur

- Dermatitis atopik (karena ada bakat alergi)

- Psoriasis

- Bekas luka

- Gigitan serangga

- Kulit kering

- Skabies

Karena kami tidak dapat melihat langsung bagaimana kondisi tangan Anda, kami tidak dapat mendiagnosis dengan tepat. Kelainan kulit perlu dilihat langsung dengan mata untuk bisa dibedakan apa penyebabnya. Karena itu, segera periksakan ke dokter kulit. Apalagi, gatal yang Anda alami sifatnya kambuh-kambuhan. Bila gejala dirasa memburuk juga segera periksakan diri.

Untuk sementara ini, apabila gatalnya amat mengganggu, Anda dapat mengkonsumsi antihistamin seperti cetirizine atau loratadine 1 kali sehari.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam. 

0 Komentar

Belum ada komentar