Sukses

Kontak Dengan OTG

02 Sep 2020, 21:11 WIB
Pria, 52 tahun.

Mohon info kesehatan tentang Covid-19. Ada kondisi berikut: seseorang (katakan si A) bertemu cukup lama dengan seorang yang OTG (katakan si B), sementara si C bertamu ke rumah si A pada hari ke 3 seharian. 7 hari setelah pertemuan baru diketahui si B positif, jadi sudah ada kemungkinan si A terpapar, walaupun pakai masker dan jaga jarak. Pada hari ke 8 si A melakukan swab test (PCR), hasil non-reaktif. Apakah dapat dikatakan si A dan si C itu sudah aman? Apakah perlu swab test ulang? Bila ya, kapan sebaiknya dilakukan? Terima kasih.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

OTG (orang tanpa gejala) adalah istilah yang digunakan pada orang yang terinfeksi virus corona tapi tidak menunjukkan gejala sama sekali. Ini menandakan bahwa OTG tidak memiliki ciri-ciri khusus sama sekali, hanya pemeriksaan PCR saja yang menunjukkan hasil positif.

Jika seseorang pernah kontak dengan OTG (orang tanpa gejala) covid-19 dan hasil swab orang yang melakukan kontak tersebut adalah negatif, yang sebaiknya dilakukan adalah tetap menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Setelah itu, boleh melakukan pemeriksaan swab kembali untuk memastikannya.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar