Sukses

Mengalami Kerontokan, Benjolan di Leher, dan Ruam Kulit

02 Sep 2020, 20:32 WIB
Wanita, 21 tahun.

Saya mengalami kerontokkan parah slama kurleb 3 tahun. Lalu banyak benjolan bengkak di leher saya, dan kulit ketika gatal lalu saya usap2 malah terasa perih lalu memerah dok. Lalu di lengan kiri saya terdapat beberapa bintik seperti tahi lalat tapi berwarna merah. Saya mudah lelah dan merasa gampang lemas. Saya juga kehilangan berat badan saya padahal saya sudah makan secara teratur dan dalam porsi banyak. Apa hal yang saya sebutkan diatas normal dan wajar2 saja atau bagaimana ya dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat akan rontok. Dengan kata lain, rontok adalah hal yang normal terjadi namun dengan batasan 50-100 helai per hari. 

JIka rambut Anda sudah rontok lebih dari 100 helai per hari, terdapat beberapa hal yang menjadi penyebabnya, yaitu faktor genetik dan faktor didapat. 

Benjolan yang bengkak di leher dan terasa nyeri seringkali disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening. Hal tersebut menandakan bahwa sedang terjadi infeksi atau peradangan di dalam tubuh. Apabila penyebab infeksi diatasi, maka benjolan akan hilang dengan sendirinya.

Sedangkan ruam kulit bisa disebabkan berbagai hal, seperti alergi, infeksi bakteri, infeksi jamur, infeksi virus, gigitan serangga, dan sebagainya. Diperlukan informasi tambahan dan pemeriksaan fisik langsung mengenai ruam kulit yang Anda keluhkan untuk menegakkan diagnosis.

Berdasarkan semua keluhan Anda di atas, saya menyarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter karena dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung untuk mengevaluasi keluhan tersebut satu per satu dan juga mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar