Sukses

Maag Sering Kambuh

02 Sep 2020, 16:12 WIB
Wanita, 44 tahun.

Assalamu'alaikum..... Selamat malam dok.. Saya penderita magh mengkonsumsi green coffee setelah wktu makan Tapi dlm pemakaian 1 minggu saya turun bb 1kg dan merasa sehat tubuh terasa ringan beraktifitas gula darah saya juga normal Setelah pemakaian memasuki minggu ke 2 magh saya kambuh dengan gejala sesak nafas atau sulit bernafas sampai mau hilang kesadaran dok. Sampai sekarang setelah berobatpun saya suka kambuh sesak nafasnya hidung rasa tersumbat Apakah ini dikarenakan efek samping green coffee itu dok atau saya punya gejala penyakit yg lain dok Terimakasih sebelumnya dokūüôŹ Wassalam.....

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Maag atau bisa juga disebut sebagai dyspepsia merupakan suatu kumpulan gejala yang disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan, dapat disebabkan oleh stres, beberapa pengobatan, pada beberapa kasus kompilasi menjadi gastritis paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri (H.pylori).

Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah. Apabila keluhan menjadi nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag namun penyakit Refluks Gastroesofageal yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Kondisi stres atau cemas dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dimana hal ini tentu saja dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasa.

Berdasarkan keluhan, kemungkinan maag yang sering kambuh bisa disebabkan karena konsumsi kopi yang Anda lakukan. Perlu diketahui, kopi jenis apapun mengandung kafein yang dapat meningkatkan asam lambung, terutama jika diminum berlebihan dan saat perut kosong.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah: 

- Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

- Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh

- Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 

- Jangan terlambat makan 

- Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 

- Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar