Sukses

Puting Masuk ke Dalam

02 Sep 2020, 15:56 WIB
Wanita, 19 tahun.

Saya laura, puting payudara saya sebelah kiri melesak sudah dri dulu sedangkan sebelah kanan tidak apa-apa. Kemudian saya pakai sabun pemutih untuk ketiak saya otomatis saya pake seluruh bdan ketika di puting seblh kiri rasnaya panas dan sakit kenapa ya dok? Apakah payudra saya ini punya gejala kanker? Terima kasih dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kondisi yang Anda alami saat ini dimana puting payudara Anda masuk ke dalam disebut dengan retraksi puting. Kondisi ini bukanlah penyakit namun merupakan gangguan pertumbuhan.

Umumnya apabila masih di dalam masa pertumbuhan, disarankan untuk terus-menerus merangsang puting agar dapat keluar. Gunakan jari Anda untuk menarik puting secara perlahan agar lebih menonjol. Selain itu, ada juga alat khusus yang didesain untuk menarik puting yang masuk ke dalam atau puting yang mendatar.

Tapi apabila sebelumnya puting Anda tidak masuk ke dalam, lalu ditemukan benjolan, kulit pada payudara seperti kulit jeruk, ada luka yang sulit sembuh, kemeraha, dan bengkak, maka patut dicurigai kemungkinan adanya kanker. Jika keluhan seperti ini ada Anda rasakan, sebaiknya periksakan secara langsung ke dokter agar dapat dievaluasi lebih lanjut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar