Sukses

Pengobatan GERD

02 Sep 2020, 11:56 WIB
Wanita, 16 tahun.

Hallo dok Saya punya keluhan yaitu sering nyeri pada ulu hati di sertai rasa mual ,,dulu bagian dada saya sempat terkena benturan Saya sering mengalami nyeri itu,,pangkal tenggorokan saya juga rasanya nggak enak rasanya seperti habis minum larutan beracun Kira kira saya kenapa dok??

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Kemungkinan yang Anda alami adalah GERD. Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah penyakit kronik pada sistem pencernaan. GERD terjadi ketika asam lambung naik kembali ke esofagus (kerongkongan). Hal ini dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada esofagus.

Dokter biasanya akan merekomendasikan terapi modifikasi gaya hidup dan penggunaan obat bebas. Bila dalam waktu 2 minggu muncul keluhan lain, maka dokter akan merekomendasikan pengobatan obat paten dan pembedahan.

Terapi GERD dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat penekan asam lambung –seperti omeprazole, lansoprazole, pantoprazole. Obat ini dikonsumsi sebelum makan. Baclofen merupakan obat untuk memperkuat sfingter yang dapat diberikan. Namun obat ini memiliki efek samping sakit kepala dan mual.Sfingter itu sendiri merupakan cincin serat otot yang terletak di sekitar permukaan dalam tubuh. Fungsinya adalah untuk mengatur pejalanan zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, diberikan juga obat untuk memperlancar pergerakan saluran cerna juga terkadang diberikan –seperti domperidon. Namun semua obat-obatan tersebut harus dikonsumsi atas petunjuk dokter.

Bila diperlukan, dokter akan merekomendasikan penggunaan obat untuk mengurangi produksi asam lambung yang dikenal dengan proton pump inhibitors serta membantu jaringan esofagus yang rusak untuk pulih. Tujuannya adalah agar GERD tidak terjadi lagi.

Apabila Anda mencurigai adanya gangguan GERD, ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan. Menempatkan bantal kepala sedikit lebih tinggi akan meminimalkan gejala yang Anda rasakan.

Anda juga dapat mengatasi gejala GERD sementara dengan mengonsumsi obat lambung yang dijual bebas (antasida). Jika tidak berhasil, segera berkonsultasi pada dokter.

Selain itu, GERD dapat dicegah dengan menyantap makan malam terakhir 3 jam sebelum pergi tidur. Hindari juga konsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu GERD. Misalnya makanan pedas, asam, berminyak serta minuman bersoda

Selain itu, berhentilah merokok dan jaga agar berat badan tetap ideal. Jika Anda memiliki masalah dengan kelebihan berat badan, lakukan diet sehat agar Anda terhindar dari GERD. Bila perlu, berkonsultasilah pada ahli gizi. Mengonsumsi makanan dengan porsi yang kecil namun sering juga dapat membantu.

Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Pakaian tersebut dapat menekan perut dan sfingter esofagus, sehingga memudahkan terjadinya GERD. Hal ini memang terlihat sepele, namun dapat membantu menghindarkan Anda dari gangguan kesehatan yang bisa merugikan Anda.

Demikian, semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • Debbyta Aprelia

    Usia saya 21 th, 2 th terahir bagian betis atas kepaha timbul streacmark merah merah dok, bagaimana mengatasi kemerahan, apa cara yg baik saya lakukan untuk menhilangkan streacmark nya dan apa yang harus dihindari agar tidak timbul lebih banyak lagi streacmark nya?.terimakasih dokter