Sukses

Kurap di Selangkangan

01 Sep 2020, 18:29 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok aq mau nanya, tentang penyakit kulit, penyakit ku kurap dok udh lama sekitar 10 thn, sring makan obat atau pun pake salap, sembuh sebentar, stlh itu kambuh lagi, kurap itu areal pantat sama selengkangan, mohon saran obat apa yang cocok, atau apa yg harus d laku kan

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kurap adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Gejala yang ditimbulkan berupa ruam kemerahan yang berbatas tegas, bersisik, dan gatal terutama saat keadaan basah. Kurap seringkali timbul dibagian tubuh yang gampang lembap, seperti kepala, badan, selangkangan, dan kaki. Karena jamur akan lebih mudah berkembang biak pada keadaan yang lembap.

Pengobatan infeksi jamur biasanya menggunakan obat oral dan salep anti jamur yang diresepkan oleh dokter. Waktu pengobatannya pun membutuhkan waktu yang lama, yaitu sekitar 2-3 minggu. Disamping itu, agar infeksi tidak muncul kembali, menjaga kebersihan badan adalah hal yang sangat penting, yaitu dengan mandi minimal 2 kali sehari, tidak menggunakan pakaian/celana yang ketat, mengganti pakaian apabila terasa lembap/basah, menggunakan handuk bersih, dan tidak bertukar baju/ handuk dengan orang lain.

Jika kurap Anda sering kambuh kembali, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter kulit untuk dilakukan evalusi lebih lengkap. Karena, untuk menangani penyakit kulit diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk melihat kelainannya.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar