Sukses

Gatal pada Tenggorokan

27 Aug 2020, 11:23 WIB
Wanita, 21 tahun.

Assalamualaikum dok. Saya punya keluhan tenggorokan sering sekali gatal bagian atas dekat lidah, sehingga ketika gatal, saya menggerakkan lidah saya, gatalnya sering ke telinga juga, hidung juga mampet, disertai bersin dan batuk. Kadang juga sampai mengganggu tidur, sampai tidak bisa tidur atau bangun tengah malam. Ini berlangsung beberapa bulan. Seperti nya sebelum Maret, dok. Terimakasih Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh ūüôŹ

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Berdasarkan pernyataan Anda tentang gatal pada tenggorokan yang disertai dengan hidung mampet, bersin, dan batuk, kemungkinan penyebabnya adalah karena alergi.

Untuk menghilangkan rasa gatal di tenggorokan yang disebabkan oleh alergi, Anda harus mengidentifikasi apa yang menyebabkan alergi dan menghindarinya. Mengidentifikasi zat alergi dapat dilakukan dengan bantuan ahli alergi. Ketika tidak mungkin untuk menghindari alergen, seperti serbuk sari di udara, obat yang termasuk antihistamin dapat membantu mengurangi iritasi.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar