Sukses

Benjolan pada Payudara Tidak Nyeri, Apa Penyebabnya?

26 Aug 2020, 20:24 WIB
Wanita, 18 tahun.

Halo dok saya mau tanya,, di payudara sebelah kanan saya ada benjolan jika ditekan suka bergerak tapi tidak sakit itu kenapa yah dok Terimakasih

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan.

Benjolan (tumor) pada payudara terbagi 2, tumor jinak dan tumor ganas. Benjolan yang hilang timbul terutama ada di saat menstruasi merupakan benjolan jinak yang umum terjadi pada wanita disebabkan oleh perubahan siklus hormonal. Mungkin ini yang terjadi pada Anda. Cara memastikannya adalah dengan memeriksa pada saat jauh dari saat menstruasi, apakah benjolannya masih ada.

Selain siklus hormonal, perubahan pada jaringan payudara juga terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Pada sebagian besar perempuan, jaringan tersebut menjadi lebih berlemak.

Pada usia Saudari, benjolan yang paling sering terjadi adalah fibroadenoma atau sering dikenal dengan Fibroadenoma Mamma (FAM). FAM merupakan tumor jinak yang paling sering terjadi pada payudara wanita. FAM biasanya terjadi pada wanita muda atau remaja. Sebelum usia 25 tahun, FAM lebih sering terjadi dibandingkan kista payudara. Selain FAM, penyakit fibrokistik atau dikenal juga sebagai mammary displasia adalah benjolan payudara yang sering dialami oleh sebagian besar wanita.

Bila benjolan selalu ada bahkan diluar menstruasi, ada baiknya Anda memeriksakannya ke dokter kebidanan dan kandungan.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar