Sukses

Mata Terkena Sabun Detergen, Apa yang Harus Dilakukan?

26 Aug 2020, 20:23 WIB
Pria, 12 tahun.

barusan mata saya terkena sabun detergen bubuk rinso dan saya siram air dan sekarang matanya merah tolong dok

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan.

Sebelum kami menjawab ijinkan kami menjelaskan sedikit mengenai mata merah. Mata merah disebabkan oleh dilatasi atau pelebaran pembuluh darah mata. Untuk mengetahui penyebab dari pelebaran tersebut, perlu dibedakan antara pelebaran pembuluh darah silier atau konjungtiva. Pelebaran pembuluh darah silier menunjukkan adanya peradangan pada bagian kornea, iris, atau badan siliaris mata.

Walaupun penyebab mata merah paling sering adalah peradangan konjungtiva karena infeksi bakteri, virus, maupun karena alergi, mata merah dapat juga disebabkan oleh peradangan pada iris, kornea, dan peningkatan tekanan bola mata akut. Penyebab lain dapat berupa adanya benda asing, trauma, perdarahan di bawah konjungtiva, dll. Karena itu perlu diketahui juga apakah mata merah disertai mata berair, belekan, nyeri, penglihatan silau, penurunan ketajaman penglihatan, dll. Infeksi virus atau bakteri biasanya disertai dengan mata berair maupun belekan.

Perlu kita telusuri lebih jauh mengenai keluhan yang Anda alami. Iritasi mata memang dapat menjadi salah satu faktor utama penyebab mata merah. Saat terciprat suatu cairan, hendaknya Anda segera mengaliri mata tersebut dengan air mengalir yang bersih. Bila saat ini mata Anda menjadi merah, hal tersebut dapat menjadi petanda mata mengalami iritasi. Dengan kondidi mata merah dan diserta keluarnya kotoran berbau tersebut, saya sarankan Anda segera memeriksakan diri ke dokter mata. Iritasi pada mata sangat memudahkan bakteri maupun virus menginfeksi mata tersbut. Keluarnya cairan kental dan berbau merupakan salah satu tanda adanya infeksi. Jika memang sudah terdapat indikasi infeksi bakteri, diperlukan pengobatan antibiotik untuk menyembuhkannya.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar