Sukses

Rasa Nyeri Setelah Membersihkan Karang Gigi

26 Aug 2020, 20:48 WIB
Wanita, 15 tahun.

assalamuallaikum dokter, kemarin gigi saya terdapat karang gigi dan alhamdulillah sudah bisa dibersihkan namun kenapa gigi saya dibagian gusi merah ya, terasa sedikit nyeri

Halo Saudari,

Saya mengerti keluhan yang Anda rasakan. Gigi Anda yang terasa sakit atau ngilu setelah pembersihan karang gigi dapat disebabkan oleh bagian akar gigi yang sebelumnya tertutup karang gigi menjadi terbuka dan sensitif setelah karang gigi dibersihkan.

Penyebab umum dari gigi sensitif adalah gusi yang resesi/turun, yaitu rusaknya perlekatan gusi ke permukaan gigi sehingga gusi menjadi turun (pada gigi bawah) atau naik (pada gigi atas). Akibatnya permukaan akar yang seharusnya tertutup gusi menjadi terekspos, padahal bagian akar gigi lebih sensitif karena tidak tertutup lapisan email seperti pada bagian mahkota.

Bila memang ngilu gigi akibat karang gigi, maka seharusnya ngilunya akan hilang bila karang gigi sudah dibersihkan. Namun jika ngilu gigi belum hilang, pasti ada penyebab lainnya.

Jika dalam waktu 5 hari gigi masih terasa sakit ada baiknya segera lakukan pemeriksaan kembali dengan dokter gigi, untuk dilakukan pemeriksaan lebih mendalam.

Baca juga:

Habis Scaling Gigi Jadi Renggang, Apa Penyebabnya?

Mengapa Terasa Ngilu Saat Karang Gigi Dibersihkan?

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/Android.

0 Komentar

Belum ada komentar