Sukses

Mengatasi Karang Gigi Hitam dan Nyeri Gigi Maju

25 Aug 2020, 23:31 WIB
Wanita, 18 tahun.

Sore dok , untuk mengatasi karng gigi hitam bagaimana ya dok , dan gigi bawah 3 terdepan maju dan nyeri

Terimakasih telah bertanya tentang mengatasi karang gigi hitam dan nyeri pada gigi yang maju melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan anda, kami ingin menjelaskan sedikit tentang karang gigi. Karang gigi terbentuk akibat proses menumpuknya sisa makanan yang tidak tersikat dalam waktu yang lama. Karang gigi juga merupakan tempat untuk berkembang biaknya bakteri. Menghitamnya karang gigi disebabkan oleh karena bercampur dengan darah karena posisinya terletak sedikit dibawah garis gusi.

Untuk membersihkannya hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi dengan bantuan alat secara manual atau dengan alat ultrasonic scaler. Alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi. Dengan cara penggunaan yang benar dan tepat sesuai petunjuk pemakaian, alat ultrasonic  ini aman dan tidak menyebabkan permukaan gigi dan akar rusak atau menipis.

Hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana agar karang gigi tidak terbentuk,  dengan menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi. Menyikat gigi 2 kali sehari dengan metode yang benar adalah hal yang mutlak dalam menjaga kebersihan gigi dan mencegah terbentuknya karang gigi. Pembersihan karang gigi harus dilakukan setiap 6 bulan sekali, karena karang gigi yang dibiarkan dalam mulut dan tidak dibersihkan menyebabkan terjadinya radang gusi dan kemudian berlanjut pada tahap yang lebih parah yaitu keradangan jaringan pendukung gigi yang dapat menyebabkan goyangnya gigi.

Untuk keluhan 3 gigi terdepan maju dan nyeri, dugaan kami gigi yang maju kedepan biasanya terdapat salah satu sisi yang mengalami penurunan gusi. Bisa bagian sisi dalam gigi (lingual) atau bagian sisi luar gigi (labial). Penurunan gusi menyebabkan sebagian akar gigi terbuka sehingga menyebabkan bagian tersebut ngilu atau sensitif. Kami sarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi supaya  keluhan nyeri dapat segera ditangani.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda:

Bisakah Membersihkan Karang Gigi Sendiri di Rumah?

Yuk, Ketahui Bedanya Plak dan Karang Gigi

Apa Bahayanya Bila Karang Gigi Dibiarkan Menumpuk?

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai ingin mengatasi karang gigi hitam dan nyeri pada gigi yang maju, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar