Sukses

Mengatasi Keringat Berlebih

25 Aug 2020, 10:13 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya mau tanya gimana ya cara mengatasi keringat berlebihan di area telapak tangan, telapak kaki dan ketiak? Dan apakah berbahaya keringat berlebihan itu? Saya ada baca di internet katanya berendam di air dingin bisa mengatasi keringat berlebihan apakah itu betul?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Keringat sebenarnya adalah hal yang normal dari tubuh untuk menjaga keseimbangan sistem tubuh dengan melepaskan panas. Namun pada beberapa orang proses ini menjadi sangat aktif sehingga mengalami keringat berlebih. Penyebab dari keringat berlebih sangat beragam, bisa karena psikologis, gangguan saraf, hormon,kehamilan dan efek obat - obatan.

Hiperhidrosis atau keringat berlebih adalah suatu kondisi dimana kelenjar keringat lebih aktif bekerja sehingga mengeluarkan keringat berlebih. Hiperhidrosis terbagi dalam 3 bentuk, yaitu: 

1. Hiperhidrosis fokal primer yaitu kondisi dimana keringat berlebih terjadi pada area tertentu dari tubuh (fokal) di kedua sisi  tubuh (umumnya). Lokasi yang sering adalah telapak tangan dan kaki, lengan, kepala, dan wajah.

2. Hiperhidrosis Idiopatik Generalisasi yaitu kondisi dimana seluruh area tubuh mengeluarkan keringat berlebih.

3. Hiperhidrosis Sekunder Generalisasi yaitu kondisi keringat berlebih yang dipengaruhi oleh penyakit lain atau kondisi lain seperti menopause, hipertiroid, diabetes melitus (neuropati perifer), atau stroke. Obat-obatan seperti antihipertensi dan antidepresi juga dapat menyebabkan hiperhidrosis. Keringat berlebih juga melibatkan area yang luas di tubuh dan dapat muncul ketika tidur.

Untuk mengatasi keringat berlebih bisa dengan menggunakan obat topikal maupun sistemik. Selain itu bisa juga dengan operasi. untuk obat topikal biasanya dokter akan memberi obat yang mengandung antiperspirant atau aluminium klorida. Selain itu bisa juga dengan terapi ion, yang disebut iontoforesis. Bisa juga dengan menggunakan suntik botox. Tindakan operasi biasanya menjadi pilihan terakhir untuk mengatasi keringat berlebih.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar