Sukses

Mencampur Obat dengan Susu

25 Aug 2020, 09:41 WIB
Pria, 28 tahun.

Selamat malam dokter, izin tanya dok Anak saya ini mendapatkan therapi obat cotrimoxazole Permasalahanx dia ini susah skali minum obatnya, rasa manis sedikit dia sudah tidak mau Bbrpa cara sudah kami coba dok, tidak mau juga minum dok obat cotrimoxazolnya Ijin tanya,kalau cotri itu di campurkan ke susu nya boleh tidak dokter? Saat ini anaak saya berumum 22 bulan, Susu nya SGM 1 trimakasih banyak dokter Kami tunggu info dan penjelasan dokter

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sebaiknya Anda tidak mencampur obat tersebut ke dalam susu anak. Karena beberapa obat tidak dapat diserap secara baik oleh tubuh apabila dikonsumsi bersamaan dengan susu sehingga akan menurunkan efektifitas obat tersebut.

Selain itu, meminum obat dengan susu juga dapat meningkatkan timbulnya efek samping dari obat yang diminum.

Banyak orang tua yang juga mengalaminya. Biasanya anak kecil susah minum obat karena rasanya yang pahit, susah menelan, dan sebagainya. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan bila ingin memberikan obat kepada anak Anda:

1. Anak-anak tidak suka dipaksa, apalagi untuk memasukkan benda yang tidak disukai dalam mulutnya. Jangan terlalu memaksa saat memberikan obat, biarkan dia tetap merasa memiliki kontrol saat minum obat.

2. Jangan terburu-buru, berikan waktu agar anak Anda merasa nyaman dan tidak merasa didesak.

3. Sediakan minuman yang manis sebagai penawar rasa pahit, seperti madu atau sirup.

4. Berikan di dalam makanan favoritnya, seperti kue atau puding. Kembali perhatikan apakah obat dapat dicampur dengan makanan tersebut.

5. Jelaskan alasan mengapa ia harus meminum obat tersebut. Meski belum mengerti, anak Anda perlu diberi penjelasan sehingga ia tidak merasa terabaikan.

6. Beri pujian atau reward jika ia berhasil minum obat. Kalau perlu beri anak Anda hadiah sebagai penghargaan atas usahanya itu.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga anak Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar