Sukses

Seputar Diabetes

25 Aug 2020, 09:10 WIB
Wanita, 32 tahun.

Selamat malam dok, sy mau bertanya. Suami sy umur 27th, berat badan hanya 56kg dgn tinggi 170cm. Dan keliatan smakin kurus. Sy putuskan untuk cek darah diabetes, ternyata hasilnya tinggi(202 hari 1 dan 199 hari 2) Skrg sudah sy stop untuk makanan dan minuman manis, tp selanjutnya apa yg harus dilakukan? Ada anjuran untuk minum obat Metformin...tp brp dosisnya?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Diabetes atau dikenal juga dengan sebutan kencing manis, merupakan penyakit kronik yan ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. 

Dalam mendiagnosis diabetes, diperlukan beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan, seperti:

- GDS (Gula Darah Sewaktu): nilai normalnya <200mg/dL

- GDP (Gula Darah Puasa): nilai normalnya <100mg/dL

- TTGO ( Tes Toleransi Gula Darah): nilai normalnya <140mg/dL

-HbA1C (Tes Glikohemoglobin): <6.5%

Jika dalam dua pengukuran gula darah diatas hasilnya melebihi nilai normal, maka dapat ditegakkan diagnosis diabetes dan harus mulai mengonsumsi obat rutin.

Tujuan dari pengobatan diabetes adalah dengan mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Jika gula darah tidak stabil atau bahkan cenderung meningkat, dapat mengakibatkan komplikasi mulai dari risiko terkena penyakit jantung, stroke, gagal ginjal hingga pada seluruh organ tubuh.

Pengobatan umumnya mulai dari hanya menjaga pola makan dan gaya hidup, obat diabetes oral (tablet), hingga insulin. Obat-obatan diabetes ada banyak jenisnya, dari yang bekerja mengeluarkan insulin hingga yang bekerja meningaktkan fungsi dari insulin.

Untuk obat diabetes oral, pengobatannya tergantung dari kadar gula, jenis diabetes, dan perjalanan penyakit. Jenis obat dan dosisnya pun ditentukan oleh dokter yang telah melakukan wawancara medis dan pemeriksaan lengkap pada suami Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis penyakit dalam mengenai pengobatan.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga suami Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar