Sukses

Nyeri di Bagian Kepala

24 Aug 2020, 21:43 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok sya mau tanya. nyeri tiba tiba di bagian kepala bawah yang menjalar kekepala. Ini bsebabkan apa ya dok. Bahaya tidak. Nyeri banget dok. Kasih obat apa ya dok tuk mengatasinya.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Menurut International Headache Society, terdapat dua jenis nyeri kepala, yaitu:

  • Nyeri kepala primer, yaitu nyeri kepala yang disebabkan gangguan pada bagian kepala seperti otot, pembuluh darah atau saraf. Penyebab pasti belum diketahui hingga saat ini sehingga untuk mengatasinya hanya diperlukan perubahan pola hidup sehat dan obat pereda nyeri. 
  • Nyeri kepala sekunder, yaitu yaitu nyeri kepala yang disebabkan oleh adanya penyakit lain. Misalnya tumor otak, perdarahan otak, glaukoma, stroke dan sebagainya.

Bila Anda mengalami keluhan-keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH (Tension Type Headache/Sakit Kepala Tipe Tension). Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

Beberapa faktor dapat menjadi pemicu timbulnya TTH, antara lain :

- Stress : biasanya sakit kepala timbul di siang atau sore hari setelah stress bekerja atau ujian

- Gangguan tidur

- Posisi tubuh yang salah saat bekerja

- Waktu makan yang tidak teratur

- Kelelahan mata

- Penghentian konsumsi kafein

Untuk mengatasinya, pastikan Anda beristirahat yang cukup, boleh melakukan pemijatan bagian belakang kepala dan leher, serta minum obat penghilang rasa sakit jika tidak tahan, seperti paracetamol atau asam mefenamat yang dijual bebas.

Jika keluhan sakit kepala semakin intens, saya sarankan untuk memeriksakan langsung ke dokter saraf untuk dievaluasi lebih lanjut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar