Sukses

Mengatasi Komedo dan Kulit Berminyak

23 Aug 2020, 09:47 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat pagi dokter, Saya mau bertanya. Saya punya kulit jenis berminyak dan kadang berlebihan dan susah untuk di kontrol. Di usia saya yang sudah tidak remaja lagi kenapa ya saya masih sering jerawatan dan banyak komedo. Di area pipi, dagu, dan jidat masih banyak komedo baik yang komedo kecil seperti bruntusan araupun komedo yang besar menyerupai biji beras. Apakah ada solusi untuk menghilangkan komedo yang banyak ini atau rekomendasi obat. Saya sudah menghindari makanan berminyak dan juga melakukan olahraga 2x satu minggu serta tidur begadang. Terimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Memiliki kulit wajah yang berminyak memang cenderung lebih gampang menimbulkan komedo dan jerawat. 

Berikut adalah tips untuk menjaga dan merawat kulit Anda:

1. Usahakan Wajah Selalu Bersih 

Kulit yang berminyak akan lebih cepat menimbulkan komedo apabila kurang terjaga kebersihan mukanya. Bersihkan wajah Anda 2 kali dalam sehari untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati, kotoran, dan minyak di permukaan kulit.

Gunakan air hangat bukan panas dan pembersih wajah yang khusus untuk kulit berminyak (oil-free). Gunakan sabun yang lembut oleh karena sabun keras dapat membuat radang dan memperberat jerawat. pH sabun yang baik adalah sekitar 5,5, bila sabun terlalu basa akan menyebabkan kulit mengering. Hindari mengusap wajah terlalu keras, bersihkan wajah secara lembut dan perlahan.

2. Jangan Menyentuh Wajah

Hindari menyentuh kulit wajah Anda tanpa mencuci tangan terlebih dahulu atau saat sedang berjerawat. Menyentuh wajah bukan hanya dapat menyebarkan bakteri karena dapat semakin mengiritasi wajah saat kulit Anda sedang sensitif.

3. Berikan Nutrisi Ke Kulit

Perbanyak konsumsi sayur dan buah serta hindari konsumsi makanan yang tinggi akan lemak, seperti gorengan, daging, jeroan,dll.

Jika timbul jerawat yang cukup parah, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar