Sukses

Mengatasi Jerawat Berkepala Putih

16 Aug 2020, 10:53 WIB
Pria, 23 tahun.

Assalamualaikum dokter selamat pagi, saya ingin menanyakan perihal kemunculan jerawat papul dan pustul berkepala putih yg cukup sering beberapa kali ketika muncul di dahi juga nyeri. Kondisi tersebut penyebabnya apa ya dokter dan pencegahan serta cara mengatasinya bagaimana ya? jika ada rekomendasi obat topikal yg mengandung apa? terimakasih banyak Wassalamualaikum

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Halo Bapak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Bapak rasakan.

Jerawat dengan 'kepala putih' yang Anda maksudkan mungkin adalah jerawat yang diawali oleh komedo. Pada kulit yang berkomedo, perlu rutin dilakukan facial. Untuk kulit berminyak, berjerawat dan memiiliki komedo, facial memang sebaiknya rutin dilakukan setiap 4 minggu. Bila kulit cenderung normal dan jumlah komedo sedikit, facial dapat dilakukan setiap 2 bulan.

Pori-pori kulit merupakan saluran keluar dari kelenjar minyak (sebum). Pori-pori yang besar akan mudah tertutup oleh keringat, minyak, kulit-kulit mati, debu, dll, sehingga saluran kelenjar keringat kulit menjadi tersumbat dan meradang. 

Komedo timbul akibat tersumbatnya kelenjar minyak, sehingga minyak yang dihasilkan tidak dapat dialirkan keluar dan terbentuklah komedo. Sumbatan ini dapat terjadi akibat penumpukan sel kulit mati, akibat produksi minyak yang berlebih, atau akibat penggunaan kosmetik rias ataupun perawatan.

Berikut yang harus dilakukan agar komedo tidak semakin banyak:

Rajin mencuci muka minimal 2x sehari dengan sabun yang tidak banyak menghasilkan banyak busa

Diet rendah lemak dan karbohidratHidup teratur, sehat, olahraga 3x/minggu minimal 30 menit

Hindari stress

Gunakan kosmetik secukupnya, hindari kosmetik berbahan dasar minyak (foundation, BB cream, bedak padat)

Hindari hal yang dapat memacu kelenjar minyak: alkohol, makanan pedas, rokok

Hindari polusi udara

Hindari pemencetan komedo/jerawat karena dapat memperberat erupsi

Anda dapat melakukan facial (ekstraksi komedo) secara teratur setiap 2 minggu-4 minggu sekali untuk mengeluarkan komedo.

Sedangkan jerawat yang diatasnya terbentuk pustul/ nanah, biasanya terjadi akibat jerawat yang sering disentuh-sentuh oleh tangan kotor. Apakah Anda sering melakukan hal ini?

Kami sarankan agar anda melakukan facial di dokter spesialis kulit atau di klinik kecantikan kuit yang disupervisi oleh dokter terlatih. Termasuk untuk pengobatan topikalnya, sebaiknya berada dibawah pengawasan dokter.

Berikut artikel kami yang mungkin menambah pengetahuan Anda:

Kiat Mengatasi Jerawat Batu

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun.

Semoga Bapak sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar