Sukses

Nyeri Bawah Payudara

15 Aug 2020, 20:28 WIB
Wanita, 18 tahun.

Malam dok.. Mau tanya kenapa ya payudara sebelah kiri saya sering nyeri dibagian bawahnya, apakah bahaya? Dan ukuran payudara yang normal itu yang lebih besar bagian kanan atau kiri?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Apakah Anda merokok? Apakah nyeri di bawah payudara muncul hanya jika berubah posisi? Apakah sebelumnya Anda melakukan aktifitas fisik atau olahraga berat? Apakah ada riwayat cedera atau trauma? Apakah ada gejala batuk, nyeri saat menarik napas, sesak napas, nyeri ulu hati, mual, muntah? Apakah ada riwayat sakit maag/lambung?

Nyeri dada tidak selalu disebabkan oleh masalah tulang. Keluhan seperti yang Anda sebutkan dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan jantung, gangguan otot atau tulang, paru-paru, saluran pencernaan atau psikologis.

Berikut ini adalah beberapa penyebab nyeri dada kiri:

Nyeri karena masalah otot dan tulang: biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri akan membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat anti inflamasi lain.Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.Nyeri karena saluran pencernaan: biasanya karena maag/GERD. Gejala berupa rasa asam atau pahit di mulut dan nyeri ulu hati. Nyeri ini berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.Nyeri dada karena masalah psikologis.

Untuk tubuh manusia umumnya tidak akan simetris kiri kanan, sehingga payudara pun akan berbeda antara ukuran yang kiri dengan yang kanan (tidak peduli sebelah mana yang lebih besar). 

Demikian, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar